Polres Sukabumi Kota Canangkan Zona Integritas

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, S.I.K. bersama Forkopimda Kota Sukabumi memperlihatkan piagam zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Polres Sukabumi Kota mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pencanangan zona integritas ini dilaksanakan di Aula Graha Rekonfu Polres Sukabumi Kota, Kamis (6/2/2020) pagi.

Pada kegiatan pencananganan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, S.I.K. bersama para pejabat dari unsur Forkopimda Kota Sukabumi menandatangani piagam zona integritas.

Para pejabat yang ikut membubuhkan tanda tangannya antara lain Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi; Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo; dan Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, Kristijan Purwandono Djati, S.H.

Dalam sambutannya, AKBP Wisnu menyampaikan bahwa pencanangan zona integritas sangat perlu dilakukan oleh setiap instansi sebagai salah satu indikator menuju WBK dan WBBM.

Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Kami harapkan dengan ditandatanganinya zona integritas ini, jajaran kami terdorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kapolres.

Peningkatan pelayanan tersebut, lanjut dia, harus didukung sarana dan prasarana serta SDM agar dalam penyelenggaraannya dapat lebih profesional, modern, dan terpercaya.

Terkait dilibatkannya Forkopimda dalam penandatanganan piagam zona integritas, kata AKBP Wisnu, mereka bukan sekedar saksi, melainkan sebagai mitra Polri dalam mendidik masyarakat dan sebagai bentuk sinergitas antar instansi.

Sementara itu Wali Kota Sukabumi menyatakan dukungan penuh terhadap pencanangan zona integritas oleh Polres Sukabumi Kota. Menurut Fahmi, ketika Polres Sukabumi Kota mencanangkan zona integritas, jajarannya menjadi lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan demikian pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat, baik dari sisi kemudahan, kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan. Hal ini akan membuat masyarakat semakin merasakan keberadaan institusi Polri di wilayah Kota Sukabumi,” ujar wali kota. (*)