Jenderal Kodiklat AD Bernostalgia di Geopark

oleh -
Komandan Kodiklat AD, Letjen TNI Anto Mukti Putranto (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada persiapan pemberangkatan offroader dari Balai Kota Sukabumi ke kawasan Pajampangan.

Wartawan Agus Setiawan

Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklat AD), Letjen TNI Anto Mukti Putranto memiliki kenangan tersendiri dengan Geopark Ciletuh. Ketika menjabat Danrem 061/Suryakencana pada 2012, dia sering berkunjung ke Pajampangan, khususnya kawasan geopark.

Nostalgia jenderal berbintang tiga lulusan Akmil 1987 itu diungkapkan pada saat persiapan pemberangkatan rombongan offroad Geopark Ciletuh Palabuhanratu di depan Balai Kota Sukabumi, Sabtu (25/1/2020). Letjen Putranto berada di antara para offroader yang akan menjelajahi alam Pajampangan yang terkenal keindahan dan tantangannya.   

“Tujuan inti dari kegiatan ini adalah meninjau bakti sosial sekaligus meresmikan masjid dan hasil renovasi rumah tidak layak huni yang dibedah oleh prajurit Armed 13 Nanggala,” kata perwira tinggi yang pernah menjabat Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI dan Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad itu.

Di tengah kegiatan utamanya, dia bernostalgia dengan lingkungan Sukabumi yang alamnya indah dan permai. Prajurit TNI AD kelahiran Jember, Jawa Timur ini memuji Sukabumi karena keindahan dan keadaannya yang sejuk dan nyaman.

“Kami datang kembali untuk menikmati keindahan alam Sukabumi, termasuk keindahan geopark tentunya,” tutur dia.

Di tempat pemberangkatan rombongan offroad tampak hadir beberapa pejabat sipil dan militer antara lain Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi; Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami; Dandim 0607, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo; Dandim 0622, Letkol Arm. Suyikno; dan Danyon Armed 13 Nanggala, Letkol Arm. Micha Arruan.

Di sela acara, Bupati Sukabumi menyampaikan perasaan bangga atas kunjungan Dankodiklat AD ke Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Kegiatan offroad yang diikuti Letjen Putranto akan menggaungkan daya tarik geopark ke seantero Nusantara.

“Kalau terpromosikan dengan baik, geopark dikunjungi banyak turis yang dampaknya bisa meningkatkan kesejahteraan warga di seputarnya. Saya haturkan terima kasih kepada Dankodiklat dan rombongan yang telah menentukan kawasan geopark sebagai lokasi offroad. Dia mengharapkan rombongan para perwira itu dapat menikmati keindahan destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi.

Di penghujung acara pemberangkatan, Dankodiklat AD menyerahkan cendera mata kepada Wali Kota dan Bupati Sukabumi. (*)