Puslitbang Polri Gelar Penelitian di Polres Sukabumi Kota

oleh -
Tim dari Puslitbang Mabes Polri mengadakan kunjungan ke Balai Kota Sukabumi dalam rangka pengumpulan data penelitian tingkat kepercayaan masyarakat dan pelayanan umum di lingkungan Polres Sukabumi Kota.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menggelar penelitian di Mapolres Sukabumi Kota, Selasa (21/1/2020). Dalam kunjungan penelitian itu, tim ingin mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat dan pelayanan masyarakat di lingkungan Polres Sukabumi Kota. 

Kedatangan tim yang dipimpin Kombes Pol Sudrajat Hariwibowo, S.I.K., M.Si. selaku Ketua Tim disambut langsung oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, S.I.K. Bersama Kombes Sudrajat, hadir pula di Polres Sukabumi  anggota tim yakni AKBP Rahmat Syukri serta konsultan dari STIK PTIK, Dr. Vita Mayastinasari S.E., M.Si.

Tim juga melakukan kunjungan ke Balai Kota, Kejari Kota Sukabumi, Pengadilan Negeri Sukabumi, dan Lapas Nyomplong. Di Balai Kota tim diterima oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama para pejabat Pemkot Sukabumi.

Di sela-sela penelitian, Kombes Sudrajat mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan 5 fungsi kepolisian di Polres Sukabumi Kota. Fungsi pelayanan kepolisian dimaksud terdiri dari fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel, Binmas, dan Sabhara.

Ketua tim juga mengatakan penelitian dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat dan instansi lainnya di wilayah Kota Sukabumi.

“Jadi kita nanti akan melakukan penelitian ke masyarakat juga instansi lainnya seperti pemerintahan daerah, kejaksaan, pengadilan, hingga warga binaan di Lapas. Kami berikan kuesioner untuk menilai kinerja rekan-rekan polisi di Polres Sukabumi Kota ini,” kata Kombes Sudrajat.  

Kegiatan yang dilakukannya, lanjut dia, bukan untuk pemeriksaan, melainkan semata-mata untuk penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja layanan kepolisian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Adapun 5 indikator pengungkit layanan yang diteliti antara lain bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (asurance), dan kesesuaian (conformance). Selain itu ditambah satu indikator yaitu reward terkait dengan kesejahteraan anggota berupa kenaikan gaji dan peningkatan sarana dan prasarana. 

Selain memberikan kuesioner, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pengumpulan data adalah Focus Group Discussion (FGD). (*)