Makin Solid, BJI Sukabumi Siapkan Rakerda Pertama

oleh -
Rapat persiapan Rakerda I BJI Presda Sukabumi Raya dihadiri Ketua Umum BJI Preda Sukabumi Raya, Budhy Lemana (kedua dari kiri), Dewan Penasihat Yudha Sukmagara (tengah), Sekjen Agus R Susafa (keempat dari kiri), dan Bendahara Umum Ayong Syifa (paling kanan).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kebangkitan Jawara dan Pengacara/Bang Japar Indonesia (BJI) Presidium Daerah (Presda) Sukabumi Raya makin solid. Hal itu terlihat pada persiapan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama BJI Presidium Sukabumi Raya yang dihadiri pengurus lengkap berserta Dewan Penasihat organisasi tersebut.

Rencananya Rakerda I digelar selama dua hari, 1 dan 2 Februari 2020. Rapat persiapan Rakerda tersebut diselenggarakan di Sekretariat BJI Presda Sukabumi Raya di Jalan Cikiray, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Sabtu (18/1/2020). 

Di antara hadirin rapat persiapan tampak Yudha Sukmagara selaku Dewan Penasihat yang sehari-hari menjabat Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi. Dari jajaran pengurus tampak Ketua Umum BJI Presda Sukabumi Raya; Budhy Lesmana; Sekjen BJI Sukabumi Raya, Agus Rahayu Susafa; Bendahara Umum, Ayong Syifa; serta para calon ketua dan pengurus Prescam Kota/Kabupaten Sukabumi. 

Acara rapat dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan keagamaan. Diawali dengan shalat Isya berjamaah, lalu istighosah, dan berdoa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Aang Azis dari Guntur, serta shalat qiyamul lail berjamaah di Masjid Jami Cikiray pada sepertiga malam terakhir.

“Agenda rakerda antara lain pembahasan rencana kerja ke depan dan pelantikan  ketua Prescam di masing-masing kecamatan baik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi,” kata Ketua Panitia Rekerda I BJI Presda Sukabumi Raya, H. Dede Wahyuri.

Suasana rapat persiapan Rakerda I BJI Presda Sukabumi Raya.

Sementara itu Budhy Lesmana menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota yang masih setia berada di BJI Sukabumi Raya sejak didirikan lebih dari satu tahun yang lalu. Dia mengingatkan anggotanya tentang tujuan BJI hadir di Sukabumi yakni untuk amar maruf nahi munkar dan menjadi garda terdepan dalam membela alim ulama dan umat Islam.

“Kami ingin terus istiqomah menjadi organisasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Kami mempunyai tim advokasi Team Advokasi BJI atau TAJI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan perlindungan hukum,” ujar Budhy.

Alumnus Pesantren Tebuireng,  Jombang, Jawa Timur dan UIN Sunan Gunung Jati tersebut mengajak pengurus dan anggota BJI Sukabumi Raya untuk  mensukseskan Rakerda I. Kehadiran BJI, kata dia, harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah, Kepolisian, dan TNI dalam upaya menjaga keutuhan NKRI,” tuturnya.

Di tempat rapat persiapan, Yudha selalu Dewan Penasihat menyatakan, dirinya  selalu memantau dan melihat kiprah dan langkah BJI di masyarakat. Menurut politisi yang menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi ini, BJI sering membuat langkah luar biasa dalam memperjuangkan hak-hak umat manusia.

“Apa yang dilakukan teman-teman BJI sangat luar biasa, tanpa pamrih dan tanpa kepentingan sebagai gerakan sosial kemasyarakatan,” kata Yudha. (*)