Stakeholder Pertanian Harus Terus Bikin Terobosan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak para petani dan kalangan pemangku kepentingan untuk terus bergerak dalam rangka memajukan pertanian.

Wartawan Agus Setiawan

Sektor pertanian bersama sektor pariwisata merupakan prioritas untuk mencapai kemajuan Kabupaten Sukabumi. Karena itu guna mewujudkan target-target sektor pertanian, para stakeholder harus terus membuat terobosan dengan mengembangkan sikap kreatif, aktif, dan inovatif.

Demikian hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada pencanangan Gerakan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Konstratani) di Kabupaten Sukabumi Tahun 2020 bertempat di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Rabu (15/1/2020).

Bupati menyatakan respek terhadap Konstratani karena dapat mendorong para stakeholder bergerak tanpa henti untuk memajukan pertanian.

“Intinya semua harus begerak termasuk para petani, aparat pemerintah, khususnya petugas penyuluh pertanian di Balai Pelatihan Pertanian atau BPP di tiap kecamatan yang harus lebih bersemangat lagi dalam membina petani di wilayahnya masing-masing,” kata bupati.

Ke depan, ujar bupati, strategi pencapaian produksi harus didasarkan pada penggunaan potensi dan teknologi pertanian spesifik, lokasi, sekaligus mempertimbangkan dukungan SDA dan SDM. Kehadiran Konstratani dapat memberikan kontribusi nyata terhadap rancangan penggunaan potensi-potensi tersebut.

“Kami respek terhadap gerakan Konstratani. Hikmah dari gerakan ini, hal yang paling penting kita konsisten bergerak dan melakukan terobosan-terobosan untuk memajukan pertanian di Kabupaten Sukabumi,” ujar Marwan. 

Gerakan Konstratani merupakan program yang diluncurkan  Kementerian Pertanian  dalam rangka program 100 hari kerja. Guna mensukseskan dan mendukung gerakan ini, Dinas Pertanian dan perangkat daerah terkait harus  bersinergi dan saling melengkapi sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat mengatakan, pada tahun 2019 Kabupaten Sukabumi telah mendapatkan alokasi Konstratani di 5 kecamatan yaitu Ciracap, Surade, Tegalbuleud, Waluran, dan Ciemas.

“Insya Allah pada tahun 2020 ini, kita akan mendapatkan lagi alokasi untuk 21 kecamatan sehingga jumlahnya menjadi 26 kecamatan,” jelas Sudrajat.

Pada kegiatan itu Bupati Sukabumi bersama Kepala Dinas Pertanian menandatangani piagam Deklarasi Kostratani. Bupati juga menyerahkan beberapa penghargaan kepada penyuluh pertanian PNS, THL, TBPP, THL TBPPD, petani/penyuluh swadaya, dan Gapoktan BPP berprestasi tahun 2019. (*)