Pilkada, ASN Harus Tetap Fokus Layani Masyarakat

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono bersama KPU, TNI, dan Polri menandatangani deklarasi Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 damai.

Wartawan Agus Setiawan

Memasuki tahapan-tahapan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 kalangan ASN harus tetap bersikap netral. Sebaiknya ASN tidak terganggu oleh hingar bingar Pilkada dan mereka tetap fokus bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono ketika menghadiri acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2020 bertempat di Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Selasa (14/1/2020). Sangat penting bagi ASN, ujar wabup, agar tetap menjalankan tugas selama Pilkada agar roda pemerintahan dan pembangunan tetap berjalan.

“Di tengah proes Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun ini, para ASN harus tetap fokus pada pekerjaan dan tetap melayani masyarakat,” kata wabup.

Kepada masyarakat, Adjo berpesan untuk melaksanakan hak dan kewajiban pada Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020. Masyarakat, kata dia, harus menyalurkan pilihan sesuai dengan hati nuraninya masing-masing untuk memilih pemimpin di Kabupaten Sukabumi.

“Pesta demokrasi ini manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Rakyat bebas menyalurkan hak suaranya untuk memilih calon pemimpin yang dianggap paling baik. Jangan ada intimidasi kepada pemilih agar mereka bebas menentukan calon pemimpin yang diharapkannya,” tutur wabup. 

Kegiatan sosialisasi Pilkada itu dihadiri para camat, para kepala desa, perwakilan perangkat daerah terkait, dan perwakilan dari TNI dan Polri. Materi yang disampaikan pada sosialisasi itu menyangkut tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

Wabup mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut karena sangat penting untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif.

Pada kegiatan itu, Wabup Sukabumi juga menandatangani naskah deklarasi Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 damai bersama perwakilan dari KPU Kabupaten Sukabumi serta unsur TNI dan Polri. Penandatanganan deklarasi damai disaksikan Bawaslu Provinsi Jawa Barat dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi.  

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Hamdan Safari menjelaskan, kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 bertujuan untuk memberitahukan tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilihan agar berjalan sukses dan aman. Dengan sosialisasi tersebut, KPU menghadapkan tahapan-tahapan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan aman dan lancar. (*)