Hasil Reses akan Disalurkan ke Komisi Terkait

oleh -
Suasana reses yang diselenggarakan oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya.

Wartawan Aep Saepudin

Semua hasil reses berupa aspirasi, masukan, usulan, keluhan, maupun keluhan masyarakat akan disalurkan oleh anggota DPRD ke Komisi terkait. Oleh Komisi tersebut, aspirasi dari masyarakat itu diteruskan ke pemda dalam bentuk usulan kegiatan melalui mitra perangkat daerah.

Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman pada kegiatan reses di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Senin (13/1/2020). Kegiatan yang diikuti Paoji tersebut merupakan reses pertama pada tahun 2020.

“Usulan pembangunan jalan, misalnya, akan diteruskan dan ditangani oleh Komisi II yang menangani urusan pembangunan. Kalau saya kan di Komisi I. Jadi diteruskan ke Komisi II untuk diusulkan ke Dinas Pekerjaan Umun,” kata Paoji.

Sebagai anggota legialatif, ujar dia, dirinya harus menyelenggarakan dan menindaklanjuti seses yang merupakan agenda anggota DPRD di luar sidang. Tujuannya untuk menyerap aspirasi rakyat, terutama di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.  

“Saya berasal dari Dapil 5 yang meliputi Sagaranten dan kecamatan-kecamatan yang ada di sekitarnya. Jadi saya menyelenggarakan reses di Dapil 5,” jelas Paoji.

Selama berada di tempat reses, politisi PDI Perjuangan ini menerima banyak masukan dan aspirasi dari masyarakat untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pengembangan UKM.

“Semua masukan dan aspirasi akan kami perjuangkan untuk diwujudkan dalam bentuk kegiatan pembangunan atau pemberdayaan. Hal ini sudah menjadi tanggung jawab saya selaku wakil rakyat,” tutur dia.

Reses dihadiri puluhan warga Desa Neglasari. Masyarakat sangat aktif selama mengikuti reses. Mereka seakan berlomba untuk menyampaikan aspirasi, masukan, dan usulan. Secara keseluruhan, reses di Desa Neglasari berjalan dengan khidmat dan lancar. (*)