Raih Pemilih Milenial, KPU Gelar LKBB SMA

oleh -
Salah satu tim tampil pada LKBB yang digelar KPU Kabupaten Sukabumi untuk sosialisasi Pilkada 2020.

Wartawan Aep Saepudin

Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 dari kalangan milenial, KPU Kabupaten Sukabumi menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dan tari komando (tako) di GOR Cisaat, Minggu (12/1/2020). Pada lomba itu hadir para peserta dari kalangan para pelajar SMA sederajat.

Untuk menyelenggarakan LKBB itu, KPU bekerja sama dengan Komunitas Instruktur Paskibra Sekolah (Korps) tingkat SMA sederajat Kabupaten Sukabumi.  Kegiatan ini diikuti 35 sekolah yakni SMA sederajat. Tiap sekolah mengirimkan satu tim Paskibra yang beranggotakan 20 orang.  

“Kami bergandengan tangan dengan komunitas para pelatih di sekolah. Kami sudah terbiasa mengadakan kegiatan seperti ini. Kegiatan lomba  sejalan dengan upaya KPU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan partisipasi kalangan milenial pada Pilkada 2020,” kata Ketua Panitia LKBB KPU Kabupaten Sukabumi, Fuad Ali Sahab. 

Mudah-mudahan, ujar Fuad, para peserta LKBB yang merupakan pemilih pemula dapat memahami pentingnya mereka berpartisipasi pada Pilkada.  

Panitia menyediakan penghargaan bagi juara I, II, dan III, serta  tiga juara harapan. Penghargaan yang diberikan berupa piagam, trofi,  uang pembinaan, juga  kitab kujang dan tongkat. 

Anggota KPU Kabupaten Sukabumi, Merry Sariningsih.  

Di sela sela LKBB, Komisioner Kabupaten Sukabumi Bidang SDM, Merry Sariningsih menjelaskan, kegiatan yang digelarnya merupakan bagian dari sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi tahun 2020.

Pada kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Sukabumi juga menyuarakan pesan-pesan yang disampaikan oleh peserta LKBB antara lain ‘Ayo memilih’ , ‘Pemilih berdaulat negara kuat’, dan ‘Datanglah ke TPS pada tanggal 23 September 2020’. 

“Para peserta juga menyampaikan pesan-pesan yang mengajak masyarakat untuk akur sauyunan. Diharapkan pesan-pesan tersebut tidak hanya berkumandang saat LKBB, tepi juga disampaikan di lingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka,” kata Merry.

Dia juga mengharapkan kegiatan LKBB dapat meningkatkan partisipasi pemilih tingkat pemula atau milenial pada Pilkada nanti. (*)