Ditinggal ke Ladang, Rumah di Purwasedar Menjadi Abu

oleh -
Kobaran api meluluhlantakkan rumah milik Eman dan Hapsiah di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Sadeva Jampang

Satu unit rumah milik pasangan suami istri Eman (60) dan Hapsiah di Kampung Cikeresek RT 21 RW 05 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi habis dilalap api dalam musibah kebakaran, Kamis (2/1/2020). Ketika api berkobar, rumah tersebut dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang bercocok tanam  di ladang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di tempat kejadian, api mulai menyala sekitar pukul 11.15 WIB. Salah seorang warga Kampung Cikesek, Akung (48) mengatakan, kemungkinan besar penyebab kebakaran tersebut adalah hubungan pendek arus listrik. Untuk memastikannya, kata dia, warga harus menunggu penjelasan dari pihak berwajib.

Setelah api menyala, para tetangga Eman  tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkannya. Karena mereka kesulitan mendapatkan air. Warga hanya berupaya untuk menahan laju api agar tidak merembet ke rumah yang lainnya dengan cara menyingkirkan benda-benda yang mudah terbakar dari perbatasan rumah.

Selewat pukul 12.00 WIB, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Namun, para petugas mendapati api telah padam dan rumah milik Eman telah menjadi abu.

Tidak ada korban jiwa atau terluka pada musibah itu. Eman dan istrinya mengalami kerugian besar berupa rumah dan segala isinya. Harta benda dan dokumen-dokumen penting miliknya habis tidak bersisa. (*)