Pemkot Terus Berkomitmen Perhatikan HAM

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah) didampingi jajaran Pemkot Sukabumi memperlihatkan penghargaan Kota Peduli HAM yang diterimanya dari Kemenkum HAM dalam rangka Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Redaktur Wawan Aries S

Pemkot Sukabumi akan semakin berkomitmen untuk memperhatikan penegakan dan penerapan prinsip-prinsip HAM (Hak Asasi Manusia). Selama ini dan seterusnya Pemkot Sukabumi akan selalu berupaya untuk memenuhi hak-hak dasar masyarakat. Dengan demikian pemda dan masyarakat setempat dapat menjamin tegaknya HAM di Kota Sukabumi.

Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi setelah menghadiri Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 tahun 2019 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Pada kegiatan peringatan HAM tersebut, Kementerian Hukum dan HAM memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM kepada para bupati/wali kota yang daerahnya memiliki prestasi dalam penegakan HAM. Wali Kota Sukabumi termasuk salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut.

“Salah satu upaya Pemkot Sukabumi dalam meningkatkan komitmen penegakan HAM adalah akan mengadopsi keberhasilan daerah-daerah lain dalam penegakan HAM. Kami harapkan akan terjadi kemajuan dalam pembangunan HAM di semua daerah, termasuk di Kota Sukabumi,” ujar wali kota.

Fahmi menerima penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Dirjen HAM Kemenkum HAM, DR. Mualimin Abdi, S.H., M.H. atas nama Menteri Hukum dan HAM.  

“Penerimaan penghargaan ini ada poin positifnya. Keberhasilan program pembangunan HAM di suatu daerah bisa dicontoh oleh daerah lain,” tutur Fahmi.

Wali kota mengharapkan, penghargaan yang diterimanya dapat memotivasi jajaran Pemkot Sukabumi dan masyarakat untuk terus berkomitmen dalam konteks memperhatikan penegakan HAM. Peringatan Hari HAM pada setiap 10 Desember juga dapat mendorong kemajuan dan pemenuhan HAM bagi seluruh warga negara.

Data dari Kemenkum HAM menyebutkan, sebanyak 425 daerah dari 514 kabupaten/kota telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan HAM. Dari jumlah tersebut, 272 kabupaten/kota memenuhi kategori Peduli HAM termasuk Kota Sukabumi dan 96 kabupaten/kota dikategorikan memenuhi Cukup Peduli HAM.

“Sesuai dengan tema Hari HAM Sedunia ke-71 yaitu Pelayanan Publik yang Berkeadilan, Pemkot Sukabumi terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya,” ujar wali kota. (*)