Peduli Kesehatan, Sejumlah Korporasi Raih Penghargaan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menyerahkan penghargaan kepada perwakilan perusahaan yang berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan melalui program dana CSR.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Atas kepeduliannya terhadap pembangunan kesehatan melalui dana CSR, beberapa perusahaan menerima penghargaan dari Pemkab Sukabumi. Tidak kurang dari 6 industri besar yang menerima penghargaan tersebut langsung dari Bupati Sukabumi. Pemberian penghargaan dilaksanakan pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Minggu (1/12/2019).

Perusahaan-perusahaan yang menerima penghargaan terdiri dari PT. Semen Jawa, PT. Tambang Semen Sukabumi, PT. Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Palabuhanratu, PT. Amerta Indah Otsuka, PT. Aqua Golden Missisippi, dan PT. Star Energi Geotermal Salak.

Selain itu, dua media massa yakni Radar Sukabumi dan Sukabumi Update serta dua penyiar Cucum Sumiati dan Aang Sutarman dari Radio Citra Lestari 98,00 FM menerima penghargaan atas kiprahnya dalam menyebarluaskan informasi seputar kebijakan dan pembangunan bidang kesehatan.

Pada acara bertema ‘Generasi Sehat Indonesia Unggul’ itu, bupati juga menyerahkan penghargaan untuk beberapa kategori. Untuk kategori Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi, penghargaan diberikan kepada Puskesmas Cisaat, Puskesmas Palabuhanratu, dan Klinik Altha Medika 2.

Pemda juga memberikan penghargaan kepada desa yang sukses mengembangkan kesehatan lingkungan untuk kategori desa bebas ODF (Open Defecation Free) atau buang tinja sembarangan. Desa-desa yang menerima penghargaan tersebut terdiri dari Desa Sirnajaya, Ciambar, Munjul, Mekarjaya, Loji, Darmareja, Mekarsakti, Cimahi, Nyangkowek, Muaradua, dan lebaksari.

Untuk kategori tenaga kesehatan teladan, bupati memberikan penghargaan kepada para teladan dari kalangan dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, apoteker, tenaga promosi kesehatan, sanitarian, dan nutrisionis. Dokter umum teladan terdiri dari dr. Solitaire EF Ram Mozes, dr. Ageng Prasetia, dan dr. Khairul Zulafni.

Dokter gigi: drg. Winny Rakhmiliani, drg. Yuniar Handayaningsih, dan drg. Yohana Afrilianti. Perawat; Ridwan Kurniawan, AMK, Rika Herawati, AMK, dan Wan Gunawan, AMK. Bidan: Rendang Arie Iriyanthy, AM.Keb., Sri Maryantini, AM.Keb., dan Yuliana, AM.Keb. Apoteker: Widayat, S.Apt. dan Bobby Irawan, S.Farm.Apt.

Tenaga promosi kesehatan: Sri Hartiyati, AM.Keb., Lely Lidiawati, S.Kep.Ners., dan Rulliyandi, S.Kep.Ners. Tenaga sanitarian: Ira Sri Hustini Mardiyah, AMKL.,S.ST., Lingga Bayu, AMKL, dan lis Kurniasih, AMK. Nutrisionis: Amila Rahmawati, AMG., Ratna Kurniasani, SP., dan Nur Fima Utami, SGz.

Selain penghargaan-penghargaan tersebut, bupati juga memberikan penghargaan kepada para peserta asal Kabupaten Sukabumi yang berhasil menjadi juara pada Olimpiade Saka Bhakti Husada Tingkat Provinsi Jawa Barat. (*)