Munandi Shaleh Memimpin Kembali PUI Kota Sukabumi

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah) bersama para peserta Musda Bersama PUI Kota Sukabumi tahun 2019. Tampak pula Ketua PD PUI Kota Sukabumi terpilih, H. Munandi Shaleh (keempat dari kanan).

Wartawan Budhy Lesmana

Intelektual dan aktivis gerakan keagamaam, Dr. (Cand) H. Munandi Shaleh, S.IP., M.Si. terpilih kembali menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah PUI (Persatuan Umat Islam) Kota Sukabumi untuk bakti 2019-2023. Dalam struktur Pimpinan Daerah PUI Kota Sukabumi, Munandi didampingi H. Achmad Fahmi, S.Ag, M.M.Pd.  (Walikota Sukabumi) selaku Ketua Dewan Pertimbangan Daerah.

Pimpinan daerah lainnya  yang terpilih Ketua Dewan Syariah PUI Kota Sukabumi Drs. K.H. Damanhuri, M.Ag. dan Ketua Majelis Mutasar Daerah, K.H. Ibrahim Haromain. Selain itu terpilih pula Hj. Enih Sunarti, S.Ag. menjadi Ketua Pengurus Daerah Wanita PUI Kota Sukabumi dan M. Syamsuddin, S.Pd.I. menjadi Ketua Pengurus Daerah Pemuda PUI Kota Sukabumi Masa Bakti 2019-2023.

Para tokoh agama tersebut terpilih untuk jabatannya masing-masing pada Musyawarah Daerah Bersama ke-7 Tahun 2019 di Gedung PUI Kota Sukabumi, Jalan Terusan Gotong Royong RT 03 RW 11, Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Sabtu (30/11/2019). Musda tersebut dibuka oleh Wali Kota Sukabumi dan dihadiri Ketua Umum DPW PUI Jawa Barat, KH Engkos Kosasih dan para ketua organisasi di bawah PUI tingkat Jawa Barat.

Ketika meresmikan Musda Bersama, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengajak warga PUI  untuk lebih intens bekerja sama dengan pemda dalam rangka memajukan masyarakat Kota Sukabumi. Hal yang paling utama, ujar Fahmi, masyarakat termasuk warga PUI bersama pemda menjaga persatuan dan kesatuan agar situasi lebih harmonis dan kondusif.  

Sementara itu ketua terpilih Munandi Saleh mengingatkan masyarakat akan sejarah bahwa Kota Sukabumi merupakan salah satu tempat lahirnya  PUI. Cikal bakal organisasi PUI dideklarasikan di Majalengka tahun 1911 oleh KH Abdul Halim. Setelah itu, pimpinan Pesantren Gunungpuyuh KH Ahmad Sanusi mengumumkan berdirinya PUI di Kota Sukabumi tahun 1952.

“Pada musda ini, selain memilih pimpinan dan pengurus PD PUI juga memilih ketua Wanita PUI dan Pemuda PUI. Kami harapkan para ketua terpilih dapat menjalankan amanah serta memajukan dan memakmurkan umat dan masyarakat,” tutur Munandi.

Ketua DPW PUI Jabar, KH. Engkos Kosasih menekankan pentingnya seluruh pimpinan dan pengurus DPD PUI untuk  ngabret atau berlarih cepat agar bisa manggung kembali pada tahun 2024 dengan konstribusi yang cerdas. Dia mengajak seluruh DPD PUI untuk bekerja keras untuk membentuk kepengurusan PC PUI di 600 kecamatan se-Jawa Barat.  

Sebelum digelar Musda Bersama, panitia menyelenggarakan pra-musda yang diisi berbagai kegiatan seperti Gema Intisabi dalam bentuk perlombaan dan festival yang diikuti perserta dari Kota dan Kabupaten Sukabumi. Lomba yang digelar antara lain lomba mewarnai untuk anak PAUD/TK/RA, lomba pembacaan Intisab, dan Festival Marawis. Pra-Musda berlangsung dari 23 hingga 29 November 2019. (*)