Birokrat Meneladani Rasulullah dengan Melayani Masyarakat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menginstruksikan kalangan birokrat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai tindakan meneladani Rasulullah yang selalu memberikan rahmat bagi alam semesta.

Wartawan Usep Mulyana

Kalangan birokrat harus selalu meneladani Rasulullah sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta. Caranya dengan memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat tanpa melihat suku ras dan agama dalam upaya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat menyampaikan sambutan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Lailatul Ijtima Tingkat Kabupaten Sukabumi di Pendopo Palabuhanratu, Kamis (28/11/2019) malam.

Umat Islam yang di dalamnya termasuk birokrat, kata bupati, harus terus berupaya untuk menjadi pembawa rahmat bagi alam dengan menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling berhasil memunculkan kebangkitan agama di muka bumi. Ia merupakan suri teladan terbaik di muka bumi. Kita sebagai umatnya harus berupaya untuk meneladani beliau,” ujar Marwan.

Suri teladan yang ada dalam diri Rasulullah, lanjutnya, harus diikuti dan diamalkan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani Nabi Muhammad, kata bupati, manusia akan menemukan jalan kebahagiaan di dunia dan akhirat sepanjang zaman. 

“Visi dan misi kita dalam membangun Sukabumi sekarang dan ke depan sudah sangat jelas bahwa seluruh pelayanan yang kita berikan adalah untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Sukabumi,” lanjut bupati.

Sejalan dengan itu, kehadiran birokrat di tengah masyarakat harus terus ditingkatkan dengan melayani dan mendengarkan keinginan rakyat. Bupati yakin, dengan pelayanan yang baik, indeks kepuasan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin tinggi.

Pada kegiatan itu tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri, Kapala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, unsur TNI dan Polri, para kepala perangkat daerah, dan tokoh masyarakat.

Peringatan Maulid Nabi diawali dengan dzikir bersama dan pembacaan Manakib Syech Abdul Qadir Jaelani oleh Ust. Asep Komarudin.

Sementara Itu Kepala Bagian Sosial Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma menyampaikan bahwa muludan dan Lailatul Ijtima merupakan media untuk bersilaturahmi bagi seluruh stakeholder di Kabupaten Sukabumi, baik ulama, umaro, dan masyarakat. (*)