HKN Targetkan Peningkatan Sadar Kesehatan

oleh -
Yudi Yustiawan

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Salah satu target besar dari peringatan  HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-55 tahun 2019 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peningkatan kesehatan. Untuk itu, dalam peringatan HKN 2019, Dinkes Kota Sukabumi akan melibatan berbagai kalangan  dunia usaha, profesional, mitra kerja, organisasi, tokoh masyarakat, dan kelompok masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinkes kota Sukabumi, Yudi Yustiawan ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/11/2019). Dengan dilibatkannya berbagai kalangan, ujar Yudi, peringatan HKN tahun ini diharapkan dapat membawa dampak sadar kesehatan di tengah masyarakat.

“Kegiatan puncak HKN jatuh pada 1 Desember mendatang. Pada acara itu kami akan mengundang semua perangkat daerah dan seluruh lapisan masyarakat,” ujar Yudi.

Peringatan HKN tahun ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Melalui tema tersebut, masyarakat akan selalu diingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang tinggi akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta di dalam pembangunan kesehatan. 

Dinkes sendiri, lanjut dia, dituntut untuk bisa terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sekaitan dengan itu, Dinkes  melakukan terobosan-terobosan dan tindakan-tindakan yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, salah satu hasilnya beberapa puskemas telah terakreditasi seperti Puskesmas Sukabumi dengan akreditasi Paripurna, Puskemas Cipelang dengan akreditasi utama, dan Puskesmas Benteng. Adapun Puskesmas Cikundul masih menunggu hasil akreditasi,” kata Yudi.

Pada puncak acara HKN ke-55, Dinkes juga akan menggelar jalan sehat yang diisi dengan lomba makanan sehat dam pemeriksaan screening program makanan tambahan untuk balita.

“Kami juga akan memberikan insentif kepada kader kesehatan, lomba fotografi PHBS, dan lomba iklan layanan masyarakat bidang kesehatan,” tambahnya.

Kegiatan lainnya yang dapat diikuti masyarakat antara lain pertandingan bola voli, mini futsal, tenis meja, catur, dan bulu tangkis. Jenis lomba lainnya pembuatan video kreatif bertema kesehatan dan lomba balita sehat. (*)