Bupati Serukan Santri Assalam Menjadi Generasi Andalan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan pidato di depan lautan massa pada puncak acara Milad ke-4 Pondok Pesantren Modern Putri di Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerukan para santri Pondok Pesantren Assalam untuk menjadi generasi andalan yang dengan kekuatan keimanan bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia, bahkan dunia. Para santri Assalam harus menjadi harapan baru bagi lahirnya generasi yang dapat menghadapi segala tantangan zaman.

Seruan bupati itu dilontarkan saat menyampaikan pidato pada puncak acara Milad ke-4 Pondok Modern Assalam Putri di Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Senin (18/11/2019) malam. Bupati Marwan mengatakan, dirinya optimis Pesantren Assalam dapat melahirkan alumni yang dapat berperan besar dalam pembangunan.

“Kami mengharapkan Pondok Pesantren Assalam terus membawa keberkahan bagi masyarakat dan memberikan dampak positif terhadap percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Anak-anak, lanjut dia, harus dididik sesuai dengan perkembangan zamannya. Dia yakin Pesantren Assalam telah memenuhi hal itu. Pada masa reformasi dan era globalisasi seperti sekarang, pesantren modern tersebut bisa menjawab tantangan zaman yang semakin rumit dan kompleks.

“Para santri Assalam harus bisa menjawab dan ikut mewujudkan visi Sukabumi religius dan mandiri. Karena itu lulusan pesantren dituntut untuk menerapkan kemampuan dan ilmu dalam memanfaatkan dan memberdayakan potensi sumber daya alam yang kita miliki. Jauhi kemalasan supaya peradaban kita lebih maju,” ujar Marwan. 

Peringatan Milad ke-4 Pesantren Assalam Putri itu dimeriahkan dengan penampilan Band Wali serta kreasi seni para santri. Bupati sendiri meluangkan waktu naik ke atas pentas untuk bernyanyi bareng Band Wali. Kehadiran band papan atas tersebut disambut dengan meriah oleh ribuan santri, para orang tua, dan masyarakat hadir di tempat acara.  

Sementara itu Pimpinan Ponpes Assalam, Encep Hendiana mengatakan, dia dan para pengasuh santri terus berupaya untuk menjadikan lembaga pesantren lebih kuat dan berada di barisan terdepan dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan demikian, dari pesantren yang dikelolanya akan lahir generasi pembangunan yang dapat diandalkan.

“Semua yang kami lakukan insya Allah bernilai ibadah. Apapun yang kami kedepankan itu menjadi gambaran bahwa kami ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT. Pesantren Assalam bisa berkembang dengan kemandiriannya dan terus berkontribusi bagi agama, negara, dan khususnya Kabupaten Sukabumi,” kata Encep. (*)