Bupati: Visi Religius dan Mandiri dari Al-Quran

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menandatangani prasasti bangunan Masjid Al-Muawanah di Kampung Awilega, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, nilai-nilai yang diterapkan dan dikembangkan dalam menyusun visi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri merujuk dan berasal dari Al-Quran. Dengan demikian, dalam implementasinya, visi tersebut diwujudkan untuk melaksanakan perintah dari Allah SWT dan sunah Rasulullah.

“Apa yang dipikirkan para kiai dan ulama kami terapkan dalam kebijakan-kebijakan pemerintah. Dari situlah lahirnya kekuatan religius. Dengan kekuatan tersebut, kita bersama-sama mewujudkan dan menjadikan Sukabumi lebih baik,” kata bupati pada peresmian Masjid Al-Muawanah di Kampung Awilega, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (16/11/2019).

Dilihat dari perspektif penegakan syariat Islam, program Pemkab Sukabumi diarahkan untuk menguatkan keimanan yang bentuknya antara lain peningkatan sarana keagamaan seperti masjid dan sekolah salafi serta optimalisasi pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Berkenaan dengan kemandirian, bupati menjelaskan, Pemkab Sukabumi mengembangkan konsep pembangunan dari pinggiran dengan target setiap desa dapat memiliki produk unggulan yang dapat mensejahterakan rakyat. Sumber daya alam yang sangat melimpah, diangkat dan digali potensinya melalui pemberdayaan masyarakat.

“Hal ini yang terus kita dorong sehingga ibu-ibu di desa ini memiliki keterampilan unggulan yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka,” kata dia.

Pada bagian lain, bupati menyampaikan syukur dapat bersilaturahmi kembali dengan jamaah Masjid Al-Muawanah. Dulu ketika dia datang ke masjid ini, kondisinya belum bagus, sekarang bangunan masjid tampak lebih baik dan megah. Bupati kagum atas tingginya gotong royong pada proses pembangunan Masjid Al-Muawanah.

Peresmian Masjid Al-Muawanah diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertema “dengan semangat Maulid Nabi Muhammad SAW mari kita tingkatkan ukhuwah islamiah, persatuan, dan kesatuan umat”.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Muawanah, H. Rohmat Abdul Mu’ti menyampaikan, antusias masyarakat untuk bergotong royong dalam pembangunan masjid sangat tinggi. Karena itu, proses pembangunan Masjid Al-Muawanah dapat berjalan dengan lancar dan selesai sesuai target. (*)