Polres Sukabumi Kota Siagakan Pasukan Pengamanan Pilkades

oleh -
Kaplores Sukabumi, AKBP Wisnu Prabowo berbincang-bincang dengan komandan kompi Pasukan Pelopor Brimob Polda Jabar di sela apel pergeseran pasukan untuk pengamanan Pilkades sertentak Kabupaten Sukabumi 2019.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Polres Sukabumi Kota menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Sukabumi 2019 bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Sabtu (16/11/2019). Pasukan yang disiagakan pada apel tersebut akan ditempatkan di 39 desa yang menggelar pilkades dan masuk yurisdiksi Polres Sukabumi Kota.

Apel pergeseran pasukan dipimpin oleh Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo. Dalam arahannya, orang nomor satu di Polres Sukabumi Kota itu menyampaikan bahwa apel pergeseran pasukan merupakan salah satu kegiatan dalam rangka pengecekan kekuatan personel pengamanan pilkades serentak Kabupaten Sukabumi tahun 2019.

“Apel pergeseran pasukan adalah untuk mengecek kesiapsiagaan personel,  pengamanan, serta plotting anggota di setiap desa,” kata Kapolres.  

Pada apel pergeseran pasukan tampak disiagakan pasukan dari Polres Sukabumi Kota, 1 SSK Yonif 310/KK, 1 SSK Brimob Polda Jabar, dan 1 SSK Dalmas Dit Samapta Polda Jabar. Semuanya dalam status BKO (Bawah Kendali Operasi) Kapolres Sukabumi Kota.

Jumlah personel yang dikerahkan Polres Sukabumi Kota sebanyak 786 anggota. Pasukan dibagi dua yaitu 443 personel Satgas Preemtif dan Satgas Preventif serta 343 petugas ditugaskan di TPS.

 “Setiap personel yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak tidak dibekali senjata api. Dalam pengaman ini, petugas harus selalu siap dan tidak under estimate,” kata AKBP Wisnu.

Adapun tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh pasukan BKO, ujar dia, antara lain untuk mendukung terselenggaranya sistem pengamanan dan keamanan selama pilkades serentak tahun 2019. Bentuk kegiatan pasukan BKO antara lain patroli gabungan dan penempatan pasukan langsung di lokasi-lokasi yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

Di tempat apel pergeseran pasukan tampak hadir Pamen Asistensi Polda Jabar Kombes Pol Raden Lucky Sulaksana; Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo; Danyon 310/KK, Letnan Kolonel Inf. Andik Siswanto; dan perwakilan dari Pemkab Sukabumi.  

Di samping pasukan yang akan dikerahkan dalam pengamanan Pilkades serentak, di halaman Gedung Juang 45 juga tampak petugas gabungan pengamanan Pilkades dan Linmas. (*)