Dedi Ingin Wujudkan Kesejahteraan yang Religius dan Berakhlak

oleh -
Dedi Saefulrohman Kartawijaya, S.H.

Calon Kades Gegerbitung, Nomor 4

Namanya sangat dikenal di masyarakat Desa Gegerbitung sebagai pejuang masyarakat yang memiliki perhatian pada upaya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dialah Dedi Saefulrohman Kartawijaya, S.H. Dedi merupakan senior dan sarat pengalaman dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah sosial kemasyarakatan. Dia juga khatam dalam urusan pemerintahan.

Berbekal ilmu, pengalaman, dan kapasitasnya, Dedi mendaftarkan diri menjadi calon kepala desa (kades) dalam Pilkades Gegerbitung, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Hasil pengundian, aktivis sosial berwajah teduh ini mendapatkan nomor urut 4 dari lima calon kades yang siap maju ke Pilkades Gegerbitung.

“Tidak banyak yang saya harapkan dari pencalonan ini, saya hanya ingin membangun desa tercinta. Tanpa dorongan dari masyarakat, tentu saja keinginan saya ini tidak dapat terwujud,” kata Dedi ketika dihubungi wartawan lewat telepon genggamnya, Senin (11/11/2019).

Desa Gegerbitung, ujar Dedi, memiliki potensi alam dan SDM yang sangat besar yang dapat digali dan dikembangkan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Penduduk di desa ini, kata dia, sangat taat menjalankan perintah agama sehingga nilai-nilai religus mewarnai kehidupan sosial sehari-hari.

Di Desa Gegerbitung banyak terdapat masjid, mushola, pesantren, yayasan pendidikan Islam, majelis taklim, dan lembaga keagamaan lainnya. Semuanya merupakan sarana untuk membentuk masyarakat religius.

“Dilihat dari segi sumber daya alam, Desa Gegerbitung memiliki potensi  yang dapat mendukung pengembangan usaha pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan,” jelas Dedi.

Menurut dia, semua potensi dan kekayaan alam tersebut dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Desa Gegerbitung jika dikelola secara adil. Dedi memiliki keyakinan, masyarakat religius yang mengelola sumber daya alam berdasarkan prinsip keadilan dapat membentuk masyarakat berakhlakuk karimah.

Karena itu, dalam Pilkades Gegerbitung yang diikutinya, Dedi mengajukan visi  ‘Membangun Masyarakat Gegerbitung yang Religius, Lebih Maju, Berkeadilan, dan Berakhlak’. Visi yang ditawarkannya itu bermuara pada terwujudnya masyarakat sejahtera lahir dan batin.   

Dari visi tersebut, Dedi menjabarkannya ke dalam tiga misi utama yaitu mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, transparan, dan akuntabel; membangun sinergitas dengan berbagai lembaga dan para pemangku kebijakan yang ada di desa; dan mendahulukan musyawarah dan mufakat demi terpenuhinya kepentingan masyarakat dengan tanggap, cepat, dan tepat. (budhy lesmana)