Jelang Jambore, Satpol PP Digembleng Fisik

oleh -
Yadi Mulyadi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Anggota Satpol PP Kota Sukabumi mengikuti pembinaan fisik khusus bertempat di Lapang Suryakencana, Warudoyong, Kamis (17/10/2019). Pada pembinaan tersebut, mereka mendapat gemblengan jiwa dan raga sebagai persiapan untuk Jambore Satpol PP tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar bulan depan.

“Ada agenda Jambore Satpol PP dan Jambore Linmas tingkat Provinsi Jawa Barat. Kami melakukan persiapan untuk menyambut dua agenda tersebut. Semoga sejarah prestasi yang pernah kita ukir bisa diraih kembali pada tahun ini. Tahun lalu kita berprestasi pada Jambore Nasional,” kata Kepala Satpol PP Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi ketika ditemui di tempat pembinaan fisik.

Pembinaan fisik digelarnya, ujar dia, bertujuan untuk menyeleksi anggota Satpol PP yang akan berangkat ke ajang Jambore di Bandung. Dari proses pembinaan fisik tersebut, Satpol PP Kota Sukabumi akan memilih 15 anggota yang paling siap fisik dan mental untuk mengikuti Jambore Nasional.

“Nantinya mereka inilah yang akan diberangkatkan ke Bandung. Anggota yang dikirim merupakan Tim Andalan Satpol PP Kota Sukabumi,” ujar Yadi yang pernah menjabat Camat Warudoyong tersebut.

Pada jambore tersebut, penyelenggara akan menggelar berbagai lomba seperti tahun-tahun sebelumnya. Mata lomba yang akan diikuti Tim Andalan Satpol PP Kota Sukabumi antara lain  lomba lintas medan, baris-berbaris, lempar kampak, lempar pisau, dan kerja sama tim. Yadi optimis, timnya dapat meraih prestasi pada baris-berbaris, kerja sama tim, dan juga lempar pisau.  

“Agar dapat meraih prestasi gemilang, kami melakukan persiapan dari sekarang. Calon-calon Tim Andalan kami godok fisik dan mentalnya agar jiwa korsanya muncul ke luar. Tahun lalu kita juara pertama dalam lomba di Jamnas, tahun ini pun harus meraih prestasi lagi,” tutur Yadi.

Salah satu sasaran dari penggemblengan fisik tersebut adalah untuk membuat berat badan anggota Satpol PP proporsional dengan tinggi badan. Dia mengakui, sebagian anggotanya mengalami penambahan berat badan. Melalui latihan yang ketat dan cukup keras, para anggota Satpol PP yang tubuhnya agak membengkak bisa kembali normal.

Jamnas Satpol PP akan diselenggarakan di Markas Komando Pendidikan (Dodik) Bela Negara  Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) III Siliwangi, Bandung. (*)