Harga Jengkol Turun, Warung Nasi Bernapas Lega

oleh -
Harga jengkol perlahan-lahan turun seiring dengan membanjirnya persediaan komoditas tersebut ke pasar-pasar tradisional di Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sejak terjadi penurunan harga jengkol di pasar-pasar tradisional di Kota Sukabumi, para pemilik warung nasi bisa bernapas lega. Mereka tidak terlalu dipusingkan lagi oleh harga jengkol yang pada musim paceklik bisa mencapai Rp100 ribu perkilogram. Sudah beberapa hari ini, harga jengkol bisa mencapai Rp20 ribu atau turun Rp10 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu/kg.

“Sekarang harga jengkol terjangkau oleh kami. Jengkol ini menu wajib karena selalu ditanyakan oleh para pelanggan. Jadi harus selalu ada,” kata Hj. Restu Komariah (48) pemilik warung nasi di Jalan Pabuaran, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (14/10/2019).

Dengan turunnya harga jengkol, Restu bisa menyisihkan sebagian pendapatannya untuk disimpan. Ketika harga jengkol tinggi, dia selalu kesulitan menyimpan uang karena harus dibelanjakan untuk penyediaan komoditas pertanian yang digemari karena aromanya yang menyengat itu.

“Lumayan sudah hampir semiggu ini harga jengkol turun. Persediaan di pasar banyak. Kami juga menyimpan stok yang banyak karena semur dan balado jengkol  selalu habis,” ujar dia. 

Namun di sisi lain, Restu harus tetap mengencangkan ikat pinggang karena beberapa komoditas strategis harganya malah naik seperti bawang merah naik dari Rp18 ribu/kg menjadi Rp25 ribu/kg dan cabai merah dari Rp24 ribu menjadi Rp34 ribu/kg.

“Seharusnya bukan harga jengkol saja yang turun, bawang merah dan cabai merah juga kalau bisa turun karena harus dibeli setiap hari. Kenaikan harga bawang merah dan cabai merah ini kemungkinan karena stok di kios-kios berkurang,” ujar Restu.

Sementara itu salah seorang pedagang sayuran di Jalan Stasiun Kota Sukabumi, Tomi menjelaskan terjadinya fluktuasi harga untuk beberapa komoditas sayuran sejak seminggu yang lalu. Jengkol, bawang merah, dan cabai merah termasuk komoditas pertanian yang harganya naik turun.

Minggu ini harga cabai rawit domba dan kentang juga turun. Untuk cabai rawit domba, harganya turun dari Rp50 ribu menjadi Rp45 ribu/kg dan kentang dari Rp15 ribu menjadi Rp12 ribu/kg. (*)