Bupati: Bergerak Terus Agar Rakyat Sehat

oleh -
Bupati Sukabumi ikut menggerakkan badan pada kegiatan Minggu Bergerak bersama FORMI Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Warungkiara.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengimbau masyarakat untuk terus bergerak dengan mengisi waktu untuk berbagai aktivitas yang bermanfaat. Dengan bergerak, masyarakat bisa meningkatkan kesehatan dan produktivitas. Jadi manfaat dari pergerakan tubuh, bisa secara kesehatan maupun ekonomi.

Pernyataan bupati itu disampaikan ketika meresmikan kegiatan olahraga Minggu Bergerak (Gurak) yang diselenggarakan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Sukabumi bertempat di halaman Hotel Demik,  Warungkiara, Sukabumi, Minggu (13/10/2019).

Kegiatan FORMI tersebut, ujar bupati, bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya sehat. Ajakan seperti itu, ujar dia, sejalan dengan dengan semboyan ‘SDM Sehat Indonesia Unggul’.  Hal itu juga sesuai dengan filosofi dari Presiden RI ke-3 almarhum Bj Habibie yang mengatakan, manusia harus terus bergerak supaya aktivitas yang dilakukan bernanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan.

“Minggu Bergerak ini penting untuk memotivasi dan mengajak masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, nantinya  tidak banyak lagi orang yang memiliki keluhan terhadap berbagai penyakit,” ujar bupati.

Ketua FORMI Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Zatnika Marwan menyampaikan, organisasi yang dipimpinnya  selalu mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dengan berolahraga. FORMI juga secara terus-menerus mengajak masyarakat untuk selalu bergerak. 

“Kami menyelenggarakan kegiatan Gurak di 20 kecamatan. Gurak di Kecamatan Warungkiara merupakan yang ke-13. Kami selalu menganjurkan masyarakat untuk bergerak dengan melangkahkan kaki sedikitnya 2.000 langkah,” kata Yani.

Di tengah peserta Gurak tampak hadir para kepala desa, pengurus dan anggota TP PKK tingkat kecamatan dan desa, kader posyandu, para guru, dan masyarakat. (*)