Capaian Pembangunan Sukabumi di Atas Rata-rata

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami disambut para siswa SD ketika tiba di lokasi Saba Desa di Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Pencapaian pembangunan bidang infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan di Kabupaten Sukabumi berada di atas rata-rata dibandingkan daerah-daerah lain di Provinsi Jawa Barat. Dari pencapaian tersebut, hal yang paling penting adalah hasil pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat secara langsung.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada kegiatan Saba Desa di Kampung Mangkalaya, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/10/2019). Data keberhasilan pembangunan itu, kata bupati,  didapatkan dari rapat para kepala daerah bersama Gubernur Jawa Barat di Pangandaran beberapa waktu yang lalu.

“Berdasarkan data capaian yang disinkronkan dengan hasil terakhir saat para kepala daerah dikumpulkan oleh Gubernur di Pangandaran, Sekda dan Kepala Bappeda melihat hasil capaian di atas rata-rata tadi. Tetapi bagi saya, Bapak dan Ibu semuanya yang harus merasakan manfaat dari capaian-capaian yang sudah dikerjakan tersebut,” ujar bupati. 

Membangun daerah, lanjut Marwan, harus dilakukan dengan kerja keras yang didasari iman dan takwa. Kalau melihat visi terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri, kata dia, itu artinya masyarakat dan pemda harus bisa mempertanggungjawabkan kereligiusan dan kemandirian tersebut.

Di akhir amanatnya, bupati berpesan kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk selalu menjaga dan terus mendorong kinerja pemerintah. Program yang sudah dijalankan harus dimanfaatkan dengan baik dan dijaga kelestariannya.

Ketika tiba di lokasi Saba Desa, bupati disambut dengan Tari Jipeng yang merupakan persembahan dari para siswa SD Mangkalaya 1 serta Rampak Gendang dan Seni Kontemporer Manuk Dadali yang dibawakan siswa SMKN Gunungguruh.

Pada kegiatan itu, bupati menggelar  silaturahmi dan dialog interaktif dengan masyarakat serta menyerahkan 465 akta kelahiran untuk kelompok umur 0 sampai dengan 18 tahun. Selain itu Marwan secara simbolis menyerahkan  50 paket sembako kepada orang jompo.

Camat Gunungguruh Erry Erstanto Y menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sukabumi yang telah memilih Kecamatan Gunungguruh sebagai lokasi Saba Desa. Menurut Erry, hal itu menunjukkan perhatian bupati kepada masyarakat Gunungguruh.

“Banyak sekali  kegiatan pembangunan di Kecamatan Gunungguruh yang kami rasakan manfaatnya, mulai pembangunan infrastruktur, pariwisata, hingga pemberdayaan masyarakat,” tutur Camat Erry. (*)