Sah, Kamal Suherman Menjabat Ketua DPRD Kota Sukabumi

oleh -
Anggota DPRD Kota Sukabumi yang hadir pada rapat paripurna dengan agenda penetapan pimpinan definitif DPRD.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Politisi Partai Gerindra, H. Kamal Suherman ditetapkan menjadi Ketua DPRD Kota Sukabumi. Penetapan Kamal sebagai orang nomor satu di lembaga legislatif Kota Sukabumi itu dilakukan pada rapat paripurna  yang dipimpin Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Jona Arizona, Rabu (2/10/2019) malam.

Pada rapat paripurna itu juga ditetapkan para wakil ketua DPRD Kota Sukabumi yakni Jona Arizona dari Partai Golkar dan Wawan Juanda dari PKS. Dengan komposisi tersebut, struktur pimpinan DPRD Kota Sukabumi telah terbentuk secara sah dan resmi. 

“Hasil dari rapat paripurna ini akan diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat melalui Wali Kota Sukabumi untuk dibuatkan surat ketetapannya,” kata Jona setelah memimpin rapat paripurna. 

Kelak, ujar Jona, setelah terbit penetapan dari gubernur, DPRD Kota Sukabumi akan menggelar rapat paripurna untuk pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pimpinan DPRD. Jona memperkirakan, proses penerbitan surat penetapan gubernur selesai dalam waktu satu minggu.

Pada bagian lain, Jona menerangkan ketidakhadiran Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Momi Soraya. Menurut dia, ketika rapat paripurna digelar, Momi yang berasal dari Partai Gerindra sedang berada di luar kota. Tanpa kehadiran Momi pun, jelas Jona, rapat paripurna dapat diselenggarakan karena kepemimpinan di DPRD bersifat kolektif kolegial.

“Selain itu, anggota DPRD yang hadir telah memenuhi kuorom yakni 33 dari 35 anggota hadir pada rapat itu,” kata Jona.

Namun di sisi lain, lanjut Jona yang menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, rapat paripurna tidak bisa menetapkan fraksi-fraksi di DPRD Kota Sukabumi. Penyebabnya, Partai Gerindra belum menyetorkan struktur pengurus dan anggota dari fraksi anggota DPRD dari partai tersebut.

“Tapi tidak akan lama sebab berdasarkan kesepakatan bersama, Partai Gerindra harus menyerahkan susunan fraksi pada esok hari,” ujar Jona. (*)