Keren Habis, Pemilihan BPD Cijengkol Pakai Internet

oleh -
Para calon anggota BPD Cijengkol yang dipilih masyarakat melalui sistem e-voting yang bersifat full digital.

Wartawan Usep Mulyana

Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi seperti tak habis-habisnya meluncurkan inovasi. Desa yang telah dinobatkan sebagai desa digital oleh Bupati Sukabumi itu menyelenggarakan pemilihan  ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui sistem e-voting yang menggunakan internet bertempat di Aula Kantor Desa Cijengkol, Kamis (19/9/2019).

“Pelaksanaan e-voting ini dilakukan dengan sistem digital dimana penyelenggara menyediakan satu buah smart phone di dalam setiap bilik sebagai pengganti surat suara,” kata Fery Sanjaya selaku Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cijengkol Bersatu (Cibers) kepada wartawan di sela-sela kesibukan pemilihan BPD.

Selama ini, KIM Cibers giat  mengembangkan sistem digital untuk sarana pelayanan dan sitem informasi publik untuk diakses masyarakat. Pada sistem e-voting pemilihan BPD ini, ujar Fery, hasilnya bisa langsung dilihat setelah semua pemilik hak suara menyalurkan hak pilihnya.

“Ini bukan sistem quick count, melainkan real count. Masyarakat bisa langsung menyaksikan calon yang meraih suara terbanyak tanpa harus menunggu hasil penghitungan surat suara. Sistemnya otomatis. Suara dari setiap orang yang memberikan suaranya otomastis langsung terinput dan hasilnya bisa langsung dilihat bersama-sama secara terbuka oleh masyarakat,” tambahnya.

Sistem e-votng yang digunakannya, ujar Fery, menjamin data dan identitas pemilih tetap dapat dirahasiakan artinya tidak diketahui oleh pihak lain.

Di tempat pemilihan anggota BPD Cijengkol, Kepala Seksi Infrastruktur Jaringan pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian (Kominfosan) Kabupaten Sukabumi, Yusep menjelaskan bahwa Desa Cijengkol menjadi pilot project untuk pelaksanaan sistem digital.

“Desa Cijengkol ini menjadi binaan Dinas Kominfosan Kabupaten Sukabumi untuk menjadi pilot project dalam penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik tingkat desa. Alhamdulillah hasilnya luar biasa, Desa Cijengkol ini memiliki potensi. Di desa ini ada beberapa anak muda yang menguasai IT. Kami sering bekerja sama untuk membangun sistem digital,” jelas Yusep.

Dia mengharapkan ke depannya,  pemilihan ketua RT, ketua RW, bahkan kepala desa dapat menggunakan sistem digital. Saat ini, kata Yusep, Dinas Kominfosan sedang mempersiapkan sistem jaringan telepon seluler agar tidak ada lagi area yang blank spot di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi sehingga semua desa bisa menerapkan sistem digital. 

Dari hasil e-voting itu,  Reka Mawarni Sofa terpilih menjadi Ketua BPD Desa Cijengkol dengan perolehan suara 40,82 persen. Di tempat yang sama Ketua Panitia Pemilihan BPD Cijengkol, Mohammad Zakariya Ansori menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Cijengkol yang sudah memberikan suaranya.

“Pemilihan dengan sistem digital ini baru pertama kalinya diselenggarakan. Harapan kami anggota BPD yang terpilih bisa bekerja sesuai tupoksi dan bisa bersinergi dengan pemerintahan desa untuk bersama-sama mendorong pembangunan ke arah yang lebih baik,” ujar Zakariya. (*)