Bupati Instruksikan ASN Antisipasi Kekeringan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengimbau para ASN untuk ikut serta dalam upaya penanggulangan bencana pada musim kemarau tahun ini.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengimbau sekaligus menginstruksikan para ASN untuk ikut serta dalam gerakan bersama masyarakat untuk mengantisipasi dampak dari musim kemarau panjang tahun ini. Dalam instruksinya itu, bupati menyebutkan berbagai langkah yang dapat dilakukan ASN dalam mengurangi risiko dan dampak negatif dari kekeringan.

“Kondisi cuaca kemarau seperti saat ini disertai banyak kejadian bencana kebakaran di beberapa daerah. Kita harus bisa mengantisipasi dan menanggulangi dampak dari kemarau dengan berbagai langkah dan upaya,” kata bupati saat memimpin upacara peringatan Hari Kesadaran Korpri di halaman parkir Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Nomor 10 Palabuhanratu, Selasa (17/9/2019).

Langkah-langkah dan upaya yang dapat dilakukan ASN dan masyarakat, ujar Marwan antara lain melakukan penghematan atau efisiensi penggunaan air permukaan dan tanggap darurat terhadap kebakaran. Risiko akibat kekeringan bisa dikurangi jika perangkat daerah dan masyarakat bersama-sama untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

“Bencana merupakan suatu kejadian yang dapat dipelajari, diprediksi, dikurangi dampak atau resikonya, dan bisa dikelola. Untuk mengurangi risiko bencana dan dampaknya diperlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat beserta ASN, terutama perangkat daerah yang tugas pokok dan fungsinya terkait dengan penanggulangan bencana,” jelasnya. 

Bupati juga mengimbau para petani untuk sungguh-sungguh menghadapi musim kemarau dengan langkah-langkah taktis dan efektif. Dia menyarankan petani untuk melakukan pengaturan pola tanam dan pemilihan jenis tanaman yang tahan kekeringan agar di tengah musim kemarau lahan pertanian tetap produktif.

Selanjutnya pada bagian lain bupati memberikan apresiasi kepada seluruh pihak, baik penyelenggara maupun masyarakat umum atas suksesnya pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-149.

Dia menyatakan, HJKS bukan hanya sekadar untuk peringatan seremonial, tetapi lebih dari itu dirancang untuk memberikan makna strategis dan hikmah dalam upaya meningkatkan semangat dalam membangun daerah.

Hadir pada upacara itu Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, para kepala perangkat daerah, dan kalangan ASN dari berbagai perangkat daerah. (*)