SDN Desa Cibima Masuk Nominasi Lomba Tingkat Nasional

oleh -
Tim Visitasi Lomba Sekolah Budaya Mutu mendatangi ruang kelas di SDN Dewi Sartika CBM untuk penilaian lomba tersebut didampingi para guru.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi masuk nominasi Lomba Sekolah Budaya Mutu (LSBM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebagai bagian dari tahapan lomba, SD tersebut dikunjungi Tim Visitasi LSBM dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kamis (12/9/2109).

Sebelum dikunjungi tim, SDN Desa Cibima telah mengirimkan portofolio tentang penilaian lomba. Unsur penilaian pada LSBM meliputi antara lain MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), pengelolaan perpustakaan, UKS, dan kegiatan ekstrakulikuler.

Dari seluruh Indonesia terdapat 150 sekolah yang ikut dalam lomba tingkat nasional tersebut, dua di antaranya SDN Desa Cibima dan SD Adzkia yang merupakan perwakilah Kota Sukabumi.

Salah satu anggota tim, Weti Yuliawati mengatakan,  dari beberapa item dinilai, sudah terpenuhi semuanya oleh SDN Desa Cibima, termasuk bentuk fisik. Beberapa program di sekolah tersebut, ujar Weti, yang memiliki nilai lebih untuk penilaian antara lain sinergitas sekolah dengan beberapa steakholder dalam mensukseskan program dan kegiatan.

“Bentuk sinergitas sekolah dengan beberapa steakholder tersebut yang dapat membuat nilai plus dalam penilaian,” ucapnya.

Tujuan lomba, lanjut dia, antara lain untuk meningkatkan  budaya mutu di sekolah. Dalam hal ini sekolah harus berlomba-lomba dalam upaya peningkatan mutu. Salah satu ketentuan dalam penilaian adalah jumlah siswa tiap kelas tidak boleh lebih dari 32 orang.  

“Maksud kedatangan kami adalah untuk melihat langsung kesesuaian portofolio dengan fakta di sekolah,” ujarnya.  

Sementara Kepala SDN Desa Cibima, Iwan Setiawan menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya sudah  tiga kali mengikuti LSBM. Dia mengharapkan, SDN Desa Cibima bisa lolos grand final dan menjadi juara juara pada lomba tersebut.  

“Pada lomba ini kami memiliki berbagai unggulan untuk memperoleh nilai tinggi antara lain pembelajaran yang bermutu, lingkungan sekolah ramah anak, UKS, perpustakaan, serta peran aktif warga sekolah baik orang tua, jajaran komite, dan pihak luar. Semuanya sudah terpenuhi untuk penilaian,” ujar Iwan.

Ketua Komite SDN Desa Cibima, Sobali Suwandi menambahkan, dirinya sudah dua kali mendampingi sekolah tersebut dalam LSBM. Sobali optimis, SDN Desa Cibima dapat menjadi juara karena sekolah ini mengalami banyak kemajuan, termasuk dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. (*)