Akhir Triwulan III, Dishub Mencapai Target Kinerja

oleh -
Abdul Rachman

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Menjelang triwulan IV tahun 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi berhasil mencapai target kinerja. Tingkat pencapaian target tersebut meliputi dua segi yaitu sisi pendapatan dan sisi pencapaian pekerjaan fisik yang terkait dengan kebinamargaan.

“Alhamdulillah dari hasil evaluasi kami, pendapatan rata-rata dari semua bidang sudah mencapai 84 persen. Pencapaian ini melebihi dari target yang seharusnya tercapai sampai akhir bulan September,” kata Kepala Dihsub Kota Sukabumi, Abdul Rachman kepada wartawan, Rabu (11/9/2019).

Target sampai akhir triwulan III 2019 untuk pendapatan ditetapkan sebesar 70 persen. Sisanya diproyeksikan terpenuhi selama triwulan IV dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Namun, belum juga triwulan III habis, target tersebut sudah terlampaui sebesar 14 persen.

“Jadi kami optimis, target 100 persen dapat tercapai hingga akhir tahun ini, mudah-mudahan melampaui target,” ujar dia.

Pendapatan-pendapat yang dimaksud Abdul berasal dari beberapa sumber antara lain retribusi parkir, retribusi terminal tipe C, dan sewa alat berat. Dia yakin jajarannya dapat mengoptimalkan pendapatan dari sumber-sumber tersebut selama empat bulan terakhir sampai hari terakhir tahun 2019.  

Sementara dari sisi kegiatan, beberapa kegiatan fisik sudah on the track dengan pencapaian rata-rata sudah 70 persen. Namun dia mengakui masih ada kegiatan yang belum mencapai target dilihat dari segi penyerapan anggaran. Pada kegiatan-kegiatan tersebut, Dishub menghadapi kendala karena belum ada pencairan anggaran. Semuanya masih dalam posisi on progress.

Tahun ini terdapat empat kegiatan fisik yang dikawal oleh jajaran Dishub Kota Sukabumi yaitu pembangunan jalur pedestrian Lapang Merdeka, pembangunan jalur pedestrian di Jalan Ir. H. Juanda (Dago) yang saat ini sedang dalam aanwijzing (proses tender), dan dua kegiatan pengadaan sarana PJU (penerangan jalan umum).

Dalam pengadaan sarana PJU, kata Abdul, pihaknya harus menunggu permintaan dari masyarakat. Dishub akan memperhatikan permintaan dan saran dari masyarakat yang berkaitan dengan pengadaan sarana PJU maupun kelengkapan jalan. (*)