Sistem Pembuangan Limbah PT Paiho Cikembar Dibenahi

oleh -
Hj. Dedah Herlina

Wartawan AEP SAEPUDIN

Sistem pembuangan limbah dari pabrik PT Paiho di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi mulai dibenahi. Sejak diperiksa oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, pengelola pabrik langsung melakukan penataan untuk menghentikan polusi limbah yang mengganggu masyarakat sekitar.

“Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap pabrik PT Paiho. Pemeriksaannya telah selesai. Sekarang telah tampak hasilnya, pihak perusahaan mulai membenahi sistem pembuangan limbahnya,” kata Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, Hj. Dedah Herlina di sela sela Rapat Paripurna di Dedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Jalan Jajaway Palabuhanratu, Selasa (10/9/2019) sore.

Pembenahan oleh pihak PT Paiho, ujar dia, dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi dari DLH. Saat ini telah terjadi perbaikan pada sistem pembuangan limbah di pabrik tersebut. Para petugas dari PT Paiho bekerja sesuai dengan standar operasi dan prosedur yang ditentukan pemerintah untuk memenuhi baku mutu limbah agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu masyarakat.

“Sekarang ini telah terjadi perbaikan,   tidak ada lagi limbah yang menganggu warga. Semoga ke depannya tidak ada lagi kejadian seperti dilaporkan warga kemarin,” ujar Dedah.

Tim dari DLH, lanjut Dedah, terjun ke lokasi pabrik PT Paiho setelah muncul laporan dari berbagai kalangan masyarakat tentang dugaan limbahnya yang mencemari lingkungan. Dalam menyikapi laporan masyarakat, DLH tidak pernah membuang-buang tempo.

“Setiap laporan pencemaran lingkungan dari warga langsung kami tindak lanjuti dengan segera. Tindak lanjutnya berupa pemeriksaan di lokasi yang dilaporkan,” tutur Dedah. (*)