Hari Jadi ke-149, Semangat Baru Melanjutkan Karya

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (keempat dari kanan) bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi pada upacara peringatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengimbau masyarakat untuk bangga menjadi orang Sukabumi karena memiliki berbagai sumber daya alam berupa gurilaps (gunung, rimba, laut, pantai, dan sungai) yang keindahannya dikenal hingga ke mancanegara. Dengan sumber daya alam tersebut, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Ajakan bupati itu disampaikan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi di Lapang Cangehgar, Palabuhanratu, Selasa (10/9/2019). Kekayaan alam, kata Marwan, menjadikan Kabupaten Sukabumi sering dikunjungi wisatawan dan warga luar daerah yang ingin menikmati masa liburan di tengah suasana alami.

“Kita semua harus bangga menjadi warga Kabupaten Sukabumi. Daerah kita dikenal oleh daerah lain dan wisatawan dari berbagai negara,” kata Marwan.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) tahun ini merupakan yang pertama kali diperingati tanggal 10 September, sebelumnya setiap 1 Oktober.  Kegiatan peringatan HJKS 2019 mengambil tema ‘Semangat baru melanjutkan karya’.

Menurut bupati, dalam menentukan HJKS yang jatuh pada 10 September dilakukan penelusuran sejarah, dokumen, dan studi komparasi dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan sejarah.  

Penetapan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi dituangkan dalam Peraturan  Daerah  Kabupaten  Sukabumi  Nomor  14  Tahun  2018  tentang Hari  Jadi  Kabupaten  Sukabumi.

Di lokasi upacara peringatan HJKS tahun 2019 itu tampak hadir antara lain Wakil Bupati Sukabumi,  H. Adjo Sardjono; Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo; Dandim 0607, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo; Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm. Suyikno; unsur Forkopimda; dan undangan lainnya.  

Setelah upacara, bupati meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lapang Cangehgar dan meluncurkan prangko Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Selanjutnya pemberian kursi roda, alat bantu dengar, dan sembako bagi warga kurang mampu.

Selepas tengah hari, bupati dan para pejabat daerah menghadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dengan agenda peringatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi.  Pada malam harinya, bupati membuka Pekan Raya Sukabumi ke-4 yang diisi dengan pentas seni dan pesta kembang api.  

HJKS 2019 juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya festival bunga hias dengan karnaval budaya dari alun-alun Palabuhanratu ke Lapang Cangehgar pada tanggal 15 September. Kemudian pagelaran wayang golek di 7 eks kewedanaan yang dilaksanakan serentak pada  17 September. Selain itu masih banyak agenda lain untuk mememriahkan HJKS tahun 2019. (*)