Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja Dipimpin Ratu

oleh -
Camat Sukaraja,Yudi Mulyadi menyerahkan SK Bupati Sukabumi kepada Hj. Ratu Badrijawati (Kasi Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Kecamatan Sukaraja) tentang pengangkatan Ratu sebagai Pjs. Kades Limbangan.

Wartawan Usep Mulyana

Camat Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Yudi Mulyadi mendorong para penjabat sementara kepala desa (Pjs kades) yang dilantik dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya selama menjalankan tugas di wilayahnya masing-masing. Hal ini penting untuk mewujudkan desa mandiri, berkeadaban, dan sejahtera sekaligus memberikan kontribusi pada terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang lebih baik. 

Pernyataan Camat Sukaraja itu disampaikan saat melantik Pjs Kepala Desa Limbangan, Hj. Ratu Badrijawati di Aula Balai Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Senin (9/9/2019). Atas nama Bupati Sukabumi, Camat Yudi melantik dan mengambil sumpah Pjs Kades Limbangan karena masa jabatan kades definitif telah habis. 

“Tugas penjabat sementara kepala desa bukan hanya mengantarkan proses pilkades secara baik dan berkualitas di atas prinsip demokrasi dengan melibatkan masyarakat secara aktif, dia juga harus meletakkan dasar-dasar manajemen yang baik, modern, dan profesional di lingkungan pemerintahan desa,” kata Yudi.

Menurut Camat Sukaraja, menjadi kades merupakan perjuangan dalam rangka mengabdi di pemerintahan, bangsa, negara, dan masyarakat. Tugas mulia ini dapat membawa orang banyak ke arah yang lebih baik, membangun kebersamaan, keterbukaan, dan musyawarah untuk kemajuan desa. 

Sehari-hari Ratu menjabat Kasi Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Kecamatan Sukaraja. Sebelumnya pada Senin (2/9/2019), Camat Sukaraja melantik Ai Hamidah (Kasi Sarpras Kantor Kecamatan Sukaraja) sebagai Pjs Kades Selawangi dan pada Jumat (6/9/2019) melantik Frandy Kusmaya (Kasi Pemerintahan Kantor Kecamatan Sukaraja) sebagai Pjs Kades Pasirhalang.

Hendaknya, ujar camat, penjabat sementara kades dapat mengambil langkah-langkah untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat agar kehadirannya di lingkungan pemerintahan desa dan masyarakat dapat dirasakan oleh seluruh warga. Para penjabat sementara kades itu akan menjalankan tugas sampai dengan pelantikan kades definitif.

“Kami mengharapkan masyarakat memberikan dukungan kepada penjabat sementara kepala desa supaya mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin,” tutur camat. (*)