Bupati Mengajak Viking Kembangkan Pemikiran

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (tengah) bersama para pendukung Persib dari berbagai wilayah pada pembukaan Jambore Viking di Lapang Cangehgar.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi mengajak komunitas Viking untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran untuk menunjang pembangunan daerah. Menurut bupati, Viking bisa menjadi bagian dari generasi muda yang berdiri paling depan untuk mencermati pembangunan di wilayah Kabupaten Sukabumi dan mendorong kreativitas pemikiran-pemikiran pembangunan daerah.

Ajakan bupati itu disampaikan ketika menghadiri Jambore Viking Se-Kota dan Kabupaten Sukabumi di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Minggu (8/9/2019). Sebagai fans club Persib dengan komunitas yang besar, kata bupati, Viking memiliki kemampuan dan potensi yang dapat dikembangkan untuk membangun kebersamaan khususnya di kalangan generasi muda.

“Kami ajak Viking untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran guna mendorong kemajuan pembangunan di daerah. Viking bisa melahirkan generasi harapan di tahun 2045 sebagai masa Indonesia Emas. Saudara-sauadara yang mempunyai gagasan dan pemikiran akan mengisi pembangunan dengan baik,” ujar bupati.

Pemkab Sukabumi, lanjut Marwan, terus membangun berbagai sarana dan prasarana untuk menampung kreativitas dan inovasi generasi muda, salah satunya Lapang Cangehgar. Prasarana ini, kata Marwan,  dibangun untuk menyalurkan kegiatan-kegiatan generasi muda agar berani unjuk potensi dan kemampuan, kreasi budaya, dan kegiatan positif lainnya.

Jambore Viking dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai wilayah di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Ketua panitia Embith Viking menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar anggota Viking.  

Pada kegiatan itu, bupati didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sukabumi, Kepala Disbudpora, Kaban Kesbangpol, Kadis Perkimsih, Kasat Pol PP, dan Camat Palabuhanratu.

Dari lokasi Jambore Viking, bupati dan rombongan meninjau lokasi Pameran Pekan Raya Sukabumi ke-4 yang rencananya akan dibuka pada Selasa (10/9/2019) yang bertepatan dengan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi.  Marwan ingin memastikan kesiapan stand pameran tiap-tiap perangkat daerah yang akan mengikuti pekan raya tersebut.

“Dinas yang mempunyai tugas terkait dengan pelayanan publik dan kepentingannya tinggi harus memiliki stand yang besar jangan sampai dikasih stand kecil. Setiap stand perangkat daerah harus memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing masing,” ujar bupati.

Contohnya, kata dia, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus menyelenggarakan pelayanan pembuatan KTP. Kemudian Dinas Kesehatan harus membuka pelayanan pemeriksaan tekanan darah, tes gula darah, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Bupati juga meminta setiap perangkat daerah untuk tetap mengisi standnya masing-masing sampai dengan penutupan. Dia akan mencatat stand perangkat daerah yang tutup sebelum waktunya. (*)