BUMD Harus Wujudkan Iklim Investasi yang Sehat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melantik Ketua Dewan Pengawas Perumda Air Minum TJM Kabupaten Sukabumi dan Komisaris Utama PT. Lembaga Keuangan Mikro Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus terus meningkatkan pelayanan dan kapasitas usahanya agar kehdirannya memberikan manfaat bagi masyarakat. BUMD yang dapat melakukan kedua hal tersebut sangat dibutuhkan demi terciptanya iklim investasi yang sehat.  

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika melantik Ketua Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi dan Komisaris Utama PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Sukabumi di Aula Pendopo Sukabumi, Jumat (6/9/2019).

Selama ini, ujar bupati, legislatif dan eksekutif terus mendorong BUMD agar dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai salah satu soko guru ekonomi di daerah. Regulasi yang dibuat oleh pemda dan DPRD terkait BUMD selalu menempatkan BUMD pada posisi untuk lebih berdaya dalam menjalankan perannya untuk memajukan perekonomian masyarakat.

“Kepada para pejabat yang baru dilantik, saya berpesan untuk bisa memberikan kontribusi dan meningkatkan pelayanan sehingga fungsi pengawasan, pengendalian, dan pembinaan berjalan dengan baik. Hal ini penting untuk kemajuan Perumda Air Minum dan LKM,” kata Marwan.

Para pejabat yang dilantik terdiri dari Dedi Chardiman sebagai ketua merangkap anggota Dewan Pengawas Perumda AM TJM (2019-2023) dan Dody Achdiyat Somantri sebagai Komisaris Utama PT LKM Sukabumi (2019-2022).

“Ke depan BUMD dan LKM tentunya harus bisa mengikuti situasi dan kondisi  agar dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat sehingga bisa memberikan kontribusi positif untuk mewujudkan Sukabumi yang lebih baik,” tutur bupati.

Kepada para pejabat yang dilantik, Marwan berpesan untuk mencari dan mencermati jajaran di lingkungan BUMD agar mendapatkan SDM unggul yang sejalan dengan target pencapaian Indonesia maju. SDM-SDM unggul tersebut juga harus dapat memberikan kontribusi pada upaya mewujudkan visi Sukabumi lebih baik.

“Di antara Dewan Pengawas dan direksi harus terjalin sinergitas yang baik untuk membangun kerja sama guna mencapai kemajuan perusahaan dan daerah,” ujar Marwan.

Pada pelantikan itu tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, para direksi BUMD, dan jajaran Dewan Pengawas Perumda AM TJM. (*)