Desa Digital Berdayakan Potensi untuk Menjawab Persoalan Masyarakat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan paket sembako kepada kaum dhuafa pada kegiatan Saba Desa di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin.

Wartawan Usep Mulyana

Desa digital memiliki berbagai keunggulan antara lain mempercepat dan meningkatkan komunikasi masyarakat dengan para pemangku kebijakan. Dengan tersedianya sistem komunikasi dan informasi, masyarakat dan para pemangku kebijakan dapat mengoptimalkan pemberdayaan potensi yang ada di desa tersebut.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi saat menghadiri kegiatan Saba Desa di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/9/2019). Pada kegiatan itu, bupati meresmikan Desa Cijengkol sebagai Desa Digital karena berhasil mengembangkan aplikasi layanan publik Smart Cijengkol yang membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan berbasis sistem digital.

“Desa Cijengkol sudah satu tahun lebih mengembangkan aplikasi layanan publik yang terbukti sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang murah, mudah, dan cepat,” kata Marwan.

Aplikasi layanan digital merupakan hasil kerja sama Pemdes Cijengkol dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cijengkol Bersatu (Cibers). KIM Cibers memfokuskan kegiatannya pada pengembangan dan pelayanan di bidang teknologi informasi.

“Sebagai wujud perkembangan teknologi, Program Desa Digital harus meningkatkan kualitas layanan masyarakat dan mendorong peningkatan kesejahteraan. Di zaman sekarang keunggulan teknologi harus dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah dan masyarakat,” ujar bupati. 

Pada bagian lain Marwan pun mengapresiasi gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Cijengkol yang manfaatnya dapat dinikmati oleh warga sekitar. Dia mengharapkan masyarakat di Desa Digital bisa mempromosikan potensi yang mereka miliki melalui media berbasis teknologi informasi.

Selain meluncurkan Desa Digital, pada Saba Desa itu, bupati juga  meresmikan  penggunaan jalan desa yang menghubungkan Cijengkol-Kadupugur sepanjang 2,5 kilometer, meresmikan penggunaan rumah tidak layak huni yang telah direnovasi, dan launching gerakan penanaman pohon. 

Bupati juga menyerahkan bantuan ikan nila kepada kelompok peternak ikan Caringin Mandiri, trofi kejuaraan lomba desa untuk Desa Cijengkol, dan 400 paket sembako untuk warga yang kurang mampu. 

Sementara itu Camat Caringin Anwari mengatakan, aplikasi yang dikembangkan di Desa Cijengkol memberikan manfaat untuk kemajuan masyarakat dan desa, khususnya dalam pelayanan dan penyebaran informasi. Anwar yakin, predikat Desa Digital untuk Desa Cijengkol dapat mendorong Caringin menjadi Kecamatan Digital. (*)