Bupati Lepas Peserta Diklatsar PMI dari Pendopo

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memasangkan tanda kepesertaan kepada peserta Diklatsar Korps Sukarelawan PMI Kabupaten Sukabumi tahun 2019.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melepas 48 peserta Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar)  Korps Sukarelawan PMI IX Kabupaten Sukabumi Tahun 2019 dari Pendopo Sukabumi, Jumat (30/8/2019). Pada acara penglepasan itu, bupati memasangkan syal, topi, dan pita kepada perwakilan peserta yang akan berangkat ke tempat Diklatsar Korps PMI. 

“Hendaknya materi pendidikan dasar ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,  khususnya yang terkait dengan upaya penanggulangan bencana,” kata Marwan saat melepas  para peserta Diklatsar.

Diksar yang harus ditempuh para peserta tidaklah mudah, ujar bupati, namun dengan keikhlasan dan ketakwaan, para peserta dapat menyelesaikannya dengan baik dan lancar. Dia yakin, seluruh peserta dapat melaksanakan selutuh tahapan diklatsar dengan penuh rasa tanggung jawab. 

“Karenanya dari latihan ini akan dilahirkan para sukarelawan yang tangguh yang siap bekerja dengan ikhlas untuk kemanusiaan,” tutur dia.

Pada bagian lain, bupati mengingatkan para peserta untuk selalu memuliakan alam dan lingkungan. Jika manusia memperlakukan lingkungan dengan baik, kata Marwan, alam juga akan memberikan respon yang baik dan positif juga.

“Jangan merusak lingkungan dan membuang sampah sembarangan karena dapat memicu terjadinya bencana,” ujar bupati. 

Peserta Diklatsar PMI ini akan mengikuti pendidikan selama 3 hari di Hutan Kampung Konservasi Kampung Lutung, Cinumpang, Kadudampit. Sebelumnya mereka mengikuti diklat teori di Markas PMI Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pada bulan Juni lalu.

Diklatsar tersebut bertujuan untuk membentuk relawan yang memiliki fisik dan mental yang siap mengabdi, profesional, mandiri, tanggap, dan memiliki keterampilan. Diharapkan bupati, para peserta Diklatsar Korps PMI dapat menjadi kebanggaan Kabupaten Sukabumi. (*)