Atlet Voli Asal Sukabumi Manggung di Tingkat ASEAN

oleh -
Atlet voli bola asal Kota Sukabumi, Aulia Suci Nurfadila terus mengukir prestasi hingga ke turnamen pelajar tingkat ASEAN.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Atlet voli berusia remaja asal Kota Sukabumi, Aulia Suci Nurfadila  malang melintang di berbagai turnamen dan kajuaraan dari tingkat daerah, nasional, hingga regional. Aulia yang sekarang bersekolah di kelas X SMA Pasundan 1 Kota Bandung adalah lulusan SMPN 2 Kota Sukabumi.

“Anak saya disekolahkan di Bandung agar bisa bergabung dengan klub voli yang bagus untuk mendapat gemblengan dan latihan serta prestasi yang lebih tinggi,” kata Ace Akri, orang tua Aulia ketika dihubungi wartawan, Rabu (28/8/2019).

Kini Aulia menjadi bagian dari klub voli WEG (Wahana Express Group) Bandung. Bersama klubnya tersebut, dia tampil pada event ASG (ASEAN School Games) di Semarang bulan lalu. Dari ajang turnamen yang diikuti para pelajar dari negara-nagara di Asia Tenggara tersebut, Aulia dan timnya berhasil membawa pulang medali perunggu.

“Kami harapkan Aulia nantinya bisa pulang ke Kota Sukabumi untuk membela kota kelahiran sebagai atlet voli,” ujar Ace.


Bersama klubnya, Wahana Express Group, Aulia (belakang, ke-4 dari kanan) selalu tampil memukau pada event-event voli pelajar.

Aulia yang merupakan putri pertama dari pasangan Ace dan  Pupung Purwita dibesarkan di lingkungan keluarga yang memiliki tradisi kuat bermain voli bola. Ayahandanya adalah atlet voli andalan yang kini bekerja di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

“Sebagai orang tuanya, saya bangga Aulia mampu mengharumkan nama Indonesia dalam status sebagai atlet kelahiran dan asal Kota Sukabumi,” kata Ace.

Bakat putrinya itu, lanjut dia, telah terlihat sejak di SD. Rupanya, Aulia tertarik dengan cabang olahraga tersebut karena sering melihat ayahnya berlaga di lapangan voli. Ace sering membawa putrinya ketika hendak tampil bersama tim bola voli Pemkot Sukabumi untuk pertandingan atau latihan.

Dalam meniti kiprahnya, jelas Ace, Aulia harus merangkak dari tingkat yang paling bawah sebelum melesat ke ajang turnamen berlevel ASEAN. Anaknya itu mengikuti turnamen-turnamen voli pelajar di tingkat daerah, provinsi, dan nasional sebelum pindah ke Bandung.

“Selaku orang tuanya, kami akan mendorong Aulia agar terus maju dan berkembang prestasinya di bawah pembinaan klub WEG,” ungkap Ace. (*)