Sigap, Polisi Sukses Ungkap Kasus Penelantaran Bayi

oleh -
Kapolres Sukabumi, AKBP Susatyo Purnomo Condro memperlihatkan sebagian barang bukti pada kasus penelantaran bayi di Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Tampak bediri di belakang dengan mulut tertutup masker adalah tersangka SJ.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Jajaran kepolisian di Polsek Sukalarang dan Polres Sukabumi Kota sigap mengungkap kasus penelantaran bayi. Kurang dari 24 jam, polisi berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pembuang bayi ke areal pesawahan di Kampung Cipetir RT 01 RW 01, Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

Dalam konferensi pers yang digelar di Mako Polres Sukabumi Kota, Selasa (27/8/2019), Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pelaku pembuang bayi berinisial SJ sengaja membuang bayi yang dilahirkannya ke pesawahan.

“Tidak sampai satu hari, kami berhasil menemukan ibu kandung dari bayi tersebut,” kata Kapolres.

Kemungkinan SJ menelantarkan bayi yang baru dilahirkannya karena malu. Soalnya statusnya belum menikah. Pelaku melakukan hal tersebut agar tidak diketahui orang lain. 

“Sebenarnya pelaku bukan warga Sukalarang, dia tercatat sebagai warga Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. Untuk mengetahui bapak dari bayi tersebut, kami masih melakukan penyelidikan,” jelas AKBP Purnomo.

SJ, lanjut dia, datang ke Sukalarang untuk menghadiri acara pernikahan kerabatnya. Dia melahirkan di rumah saudaranya itu, sementara tidak seorang pun kerabatnya mengetahui jika SJ sedang hamil tua. Dia nekat melahirkan seoorang diri, tanpa bantuan bidan atau orang lain.

Pelaku melahirkan sekitar pukul 03.00 pagi pada Rabu (21/8/2019). Setelah melahirkan, dia  langsung membuang bayi malang yang masih berdarah. Polisi mendapat pengakuan dari SJ, dia sengaja membuang bayinya itu agar dipungut dan dipelihara oleh orang lain.

“Setelah ditemukan bayi tersebut kami bawa langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Saat ini bayi telah diserahkan kepada pihak keluarga. Sementara pelaku masih menjalani penahanan di Polres Sukabumi Kota,” tambahnya. 

Baca Berita Terkait….

Bhabinkamtibmas Prianganjaya Titipkan Bayi yang Dibuang ke Bidan Cipetir

Informasi dari berbagai sumber di Kampung Cipetir menyebutkan, bayi yang dibuang SJ ditemukan tiga anak SD dan MI yang akan bermain layang-layang sekitar pukul 16.30 WIB. Anak-anak tersebut memberitahukan penemuan bayi di pematang sawah kepada warga. Seketika itu warga pun geger dan segera menghubungi aparat di desa tersebut.

Dalam waktu singkat, Bhabinkamtibas Desa Prianganjaya, Brigpol Didi Dwi Purnomo bersama Babinsa setempat tiba di Kampung Cipetir. Brigpol Didi langsung mengambil langkah-langkah penanganan dan pengamanan antara lain menitipkan bayi malang ke bidan di Kampung Cipetir untuk dibawa ke rumah sakit.

Tersangka SJ dijerat dengan  pasal 76 B junto pasal 77 B Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Pada kasus tersebut, penyidik mendapatkan barang bukti antara lain seprei dan bed cover yang terdapat bercak darah. (*)