Gudep SDN Desa Cibima Gelar Perjusami di Buper Elang Jawa

oleh -
Upacara pembukaan Perjusami SDN Desa Cibima di Buper Elang Jawa Pondok Halimuan, Selabintana, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Gudep 02015 dan 02016 pangkalan SD Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) menggelar Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu) di Bumi Perkemahan (Buper) Elang Jawa, Pondok Halimun, Selabintana, Sukabumi. Perkemahan akhir pekan itu berlangsung selama 3 hari 2 malam dari Jumat (23/8/2019) sampai dengan Minggu (25/8/2019).

Di lokasi Perjusami tampak beberapa tenda berdiri sebagai tempat beristirahat para anggota Pramuka. Selain tenda para peserta juga terdapat tenda besar untuk para pembina dan guru. Para siswa yang dilibatkan pada kegiatan tersebut berasal dari kelas 4, 5, dan 6 dengan jumlah mencapai 280 orang.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Agenda utama dari Perjusami ini adalah perpindahan golongan dari siaga ke penggalang dan kegiatan rutin pengalang khusus. Sebagian besar dari materi kegiatan bersifat religius. Anak-anak juga mempraktikkan berbagai keterampilan yang telah dipelajari di sekolah,” kata Wakil Kepala SDN Desa Cibima Bidang Sarana yang juga Pembina Gudep 02015 dan 02016, Asep Rukman Wiria di lokasi Perjusami, Jumat sore.

Pihak sekolah sengaja memilih Buper Elang Jawa sebagai tempat perkemahan karena berbagai pertimbangan. Selain nyaman, lingkungan Elang Jawa tertutup sehingga memudahkan dalam pengendalian para peserta. Lokasi tersebut juga dilengkapi sarana toilet dan kamar mandi yang memadai serta sumber air yang mencukupi.

Para peserta Perjusami selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Dalam penentuan regu, para anggota Gudep dicampur antara kelas 4, 5, dan 6. Jadi, kata Asep, para peserta Perjusami akan berada di tengah lingkungan pergaulan yang baru. Mereka akan dibiasakan shalat berjamaah termasuk shalat shubuh di tengah alam yang sejuk.

Di tempat yang sama Wakil Kepala SDN Desa Cibima Bidang Kesiswaan, Hj. Nani Zahara menambahkan, dalam Perjusami itu, para peserta diarahkan untuk mengembangkan kemandirian, gotong royong, kebersamaan, dan kedisiplinan. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran orang tua dalam mendukung kegiatan ini,” ujar dia.

Shalat berjamaah merupakan bagian dari kegiatan terjadwal pada Perjusami SDN Desa Cibima.    

Tahun lalu, jumlah peserta Perjusami kurang dari 200 orang. Untuk tahun ini, jumlah pesertanya naik sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu. Peserta yang paling banyak dari kelompok siaga yang akan naik ke golongan penggalang.

Salah seorang siswa kelas 5b, Sinatria Zikra Hidayatul Rohman mengatakan, dirinya sudah dua kali ikut Perjusami. Zikra merasa senang karena pada kegiatan Pramuka itu dia mendapatkan teman yang baru.

“Betah sekali di sini, bisa menikmati alam sambil ikut menjaga kebersihan lingkungan dan hidup mandiri,” ujar Zikra. (*)