Jembatan Layang JLS Ditargetkan Selesai Awal 2020

oleh -
Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil (keempat dari kiri) didampingi Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan para pejabat daerah pada peresmian pembangunan flyover Jalan Lingkar Selatan di kawasan Selakaso.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Jembatan layang atau flyover Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang berada pada segmen 3 Kota Sukabumi ditargetkan selesai pada awal tahun 2020. Kehadiran flyover tersebut sangat penting dan strategis untuk mengatasi kemacetan di persimpangan JLS karena menghilangkan perlintasan sebidang dengan rel kereta api dan jalan lainnya di seputar jembatan layang tersebut. 

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kawil pada peresmian pembangunan flyover JLS Kota Sukabumi di dekat Jalan Selakaso, Kelurahan Babakan,  Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Rabu (21/8/2019). Berdasarkan kontrak, pembangunan jembatan layang tersebut harus selesai dalam waktu 160 hari kerja dihitung sejak groundbreaking oleh gubernur. 

“Kami akan mempercepat pembangunan jalan dan flyover di wilayah Jawa Barat untuk memperlancar arus lalu lintas serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ridwan dalam sambutan peresmian flyover JLS.

Saat ini, ujar gubernur, JLS telah memberikan kontribusi terhadap kelacaran arus lalu lintas di Kota Sukabumi. Semua kendaraan berat seperti truk besar dan tronton pengangkut pasir dan air mineral dalam galon sudah dialihkan ke JLS sehingga tidak lagi melewati jalanan di kota.

Setelah pembangunan flyover selesai, target selanjutnya dari Pemprov Jabar adalah menuntaskan segmen 3 JLS dari pertigaan Ciandam sampai Sukaraja. Dari seluruh bentangan JLS sepanjang 19 kilometer, bagian yang telah terbangun mencapai 13,5 kilometer, tinggal 5,5 kilometer lagi.

“Fungsi flyover ini untuk menghubungkan JLS yang berada di wilayah Kota Sukabumi ke arah Sukaraja di Kabupaten Sukabumi,” ujar Ridwan.

Besar dana yang dianggarkan untuk membangun flyover tersebut mencapai Rp33 miliar. Nantinya, setelah menyelesaikan segmen 3, Pemprov Jabar akan mempercepat penyelesaian pembangunan segmen 4. Dengan demikian seluruh segmen pada JLS sepanjang 19 kilometer akan tersambung dari Cibolang hingga RM Nikmat di sebelah timur Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Jalur JLS dibagi ke dalam empat segmen yang terdiri dari segmen 1 Cibolang – Jalan Pelabuhan 2 sepanjang 6,90 kilometer, segmen 2 dari Jalan Pelabuhan 2 – pertigaan Baros sepangjang 2,20 kilometer, segmen 3 pertigaan Baros – sampai dengan Sukaraja sepangjang 4,40 kilometer, dan segmen 4 dari Sukaraja sampai dengan RM Nikmat sepanjang 5,50 kilometer.

Pada kegiatan groundbreaking pembangunan flyover JLS itu tampak hadir para pejabat daerah antara lain Wali Kota Sukabumi,  H. Ahmad Fahmi; Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami; Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos.; dan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. (*)