Bhabinkamtibmas Prianganjaya Titipkan Bayi yang Dibuang ke Bidan Cipetir

oleh -
Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya, Brigpol Didi Dwi Purnomo melakukan penanganan sementara terhadap bayi yang dibuang di Kampung Cipetir.

Wartawan Wawan AS

Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Brigadir Polisi (Brigpol) Didi Dwi Purnomo menitipkan bayi merah yang ditemukan warga di Kampung Cipetir RT 001 RW 001,  Rabu (21/8/2019), ke bidan terdekat. Oleh bidan atas persetujuan pemerintahan desa setempat, bayi tersebut dibawa ke RSUD R. Syamsudin, S.H. untuk mendapatkan perawatan.

“Menitipkan bayi di bidan ini untuk penanganan sementara. Selanjutnya bayi dibawa ke rumah sakit,” kata Brigpol Didi ketika dihubungi wartawan di lokasi penemuan bayi.

Dalam urusan penanganan sementara bayi malang itu, Didi juga berkoordinasi dengan aparat Desa Prianganjaya. Selanjutnya, untuk penyelidikan kasus pembuangan bayi tersebut, penanganannya dilakukan oleh jajaran reserese kriminal.  

“Saya hanya melakukan langkah-langkah penanganan sementara dan berkoordinasi dengan parat pemerintah desa dan pihak-pihak terkait. Mudah-mudahan bayi tersebut dalam keadaan sehat dan selamat,” ungkap dia.

Sebelumnya warga Kampung Cipetir digegerkan dengan penemuan bayi di pematang sawah  oleh tiga anak yang sedang bermain layang-layang. Ketiga anak itu mendengar suara bayi dari pematang sawah. Setelah mendekati sumber suara, mereka melihat bayi merah dalam keadaan tergeletak di atas pematang sawah. Penemuan bayi itu sekitar pukul 4 sore. 

Ketiga anak itu, Fito (11 tahun, kelas 5 SD), Deris (10 tahun, kelas 4 MI), dan Fahri (9 tahun, kelas 2 SD) segera memberitahukan adanya bayi yang terlantar kepada warga sekitar. Warga pun berdatangan ke lokasi penemuan bayi.

Diperkirakan, bayi berjenis kelamin perempuan itu berumur satu hari. Warga segera menyelimuti bayi tersebut dengan kain tebal karena tampak kedinginan.  Hasil rembukan warga bersama Bhabinkamtibmas dan perangkat desa, bayi dititipkan di bidan yang membuka praktik di Kampung Cipetir.  Kondisi bayi dalam keadaan sehat walafiat. (*)