Sambut HUT RI, FORMI Gelar Gerak Jalan Bersama

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kesehatan pada peresmian gerak jalan Hari Kemerdekaan yang digelar oleh FORMI Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Menyambut peringatan HUT ke-74 RI dan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Sukabumi mengggelar gerak jalan bersama. Kegiatan itu dihadiri para petinggi daerah Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Wakil Bupati H. Adjo Sardjono, dan Sekda H. Adjo Sardjono.

Kegiatan olahraga rekreasi yang diikuti ribuan warga itu dipusatkan di halaman Alun-alun Palabuhanratu dan diselenggarakan pada Jumat (16/8/2019). Bendera start sebagai tanda dimulainya gerak jalan dikibarkan oleh bupati.  Setelah pengibaran bendera start, para peserta meninggalkan titik start untuk menempuh rute gerak jalan dan kembali ke tempat yang sama sebagai tempat finish.

“Gerak jalan santai ini merupakan event kedua FORMI Kabupaten Sukabumi. Mudah-mudahan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Ketua FORMI Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan ketika ditemui setelah pemberangkatan peserta gerak jalan.

Selain memeriahkan HUT ke-74 RI, ujar dia, gerak jalan yang digelarnya juga merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-149. Tema gerak jalan tersebut yaitu ‘Menuju Indonesia Unggul, Sehat, Bugar,  Gembira’  relevan dengan tema Hari Kemerdekaan ke-74 yakni ‘Menuju Indonesia  Unggul’.

Sementara itu di tempat yang sama Bupati Marwan mengatakan, Kabupaten Sukabumi sehat harus diisi dengan manusia-manusia yang sehat. Salah satu upaya untuk mewujudkan hidup sehat adalah bergrak dan terus bergerak seperti gerak jalan bersama tersebut.

“Untuk membangun dan menyehatkan masyarakat Sukabumi diperlukan kegiatan olahraga yang melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Anak-anak juga harus disertakan dalam rangka menyongsong bonus demografi 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045,” ujar bupati.

Terkait dengan hal itu, bupati mempersilakan masyarakat mempergunakan sarana olahraga yang telah dibangun Pemkab Sukabumi untuk kegiatan berolahraga. Di wilayah Kabupaten Sukabumi, kata dia, sudah banyak fasilitas olahraga dan hiburan yang dapat dipergunakan oleh masyarakat. 

Pada acara gerak jalan itu tampak hadir para pejabat dan pengurus organisasi antara lain Dandim 0622 Sukabumi, Letkol Inf Haris Sukarman; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Kepala Badan Kesbangpol; Ketua Perwosi, Ketua DWP, dan Camat Palabuhanratu. (*)