Hari Pramuka, SDN Desa Cibima Gelar Dua Perkemahan

oleh -
Anggota Pramuka gugus depan SDN Desa Cibima sedang melakukan persiapan untuk mengikuti dua perkemahan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) siap-siap menggelar dua perkemahan dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-58. Perkemahan pertama untuk tingkat sekolah bernama Persari (Perkemahan Sehari) pada 15 Agustus, sedangkan yang kedua perkemahan untuk tingkat Kota Sukabumi di Pondok Halimun selama tiga hari, 23-25 Agustus 2019.

“Dengan dua perkemahan ini, anggota Pramuka di sekolah kami lebih mendalami lagi karakter dan jiwa kepanduan sesuai dengan  Dasa Dharma dan Tri Satya,” kata Kepala SDN Desa Cibima, Iwan Setiawan ditemui di tempat kerjanya, Selasa (13/8/2019).

Siswa yang akan dilibatkan pada perkemahan di Elang Jawa Pondok Halimun,  ujar Iwan, berasal dari kelas 4 sampai dengan 6, sedangkan untuk Persari dilibatkan semua kelas. Pada Persari, para pembina akan memperkenalkan pendidikan Pramuka sejak dini kepada para siswa kelas 1.

“Semua kelas bersiaga satu hari di sekolah. Kami akan mendirikan beberapa tenda di halaman sekolah,” kata Iwan.

Sementara Wakil Kepala SDN Desa Cimba Bidang Kesiswaan,  Hj. Nani Zahara menjelaskan, saat ini para calon peserta perkemahan di Elang Jawa Pondok Halimun sedang diberi pembekalan oleh para pembina. Mereka  harus mempersiapkan peralatan baik untuk kebutuhan diri sendiri maupun kebutuhan kelompok regunya.

“Kegiatan perkemahan bukan sekedar mengenalkan alam kepada siswa, akan tetapi juga memberikan pelajaran tentang kerja sama,  tanggung jawab,  dan kemandirian. Selama ini anak-anak masih tergantung kepada orang tua. Di tempat perkemahan, mereka dididik untuk mandiri dan menjadi pemimpin,” ujar Nani.

Mengenai pemilihan lokasi  di Elang Jawa Pondok Halimun, jelas dia, hal itu merupakan hasil kesepakatan para guru, komite, dan orang tua. Elang Jawa dianggap tempat yang paling cocok untuk perkemahan tingkat Kota Sukabumi yang diikuti anggota Pramuka dari berbagau Gudep.

“SDN Desa Cibima selalu  juara pada lomba Pramuka di tingkat Kota Sukabumi. Terakhir, Gudep kami menjadi juara pertama pada lomba lintas alam Gerakan Pramuka tingkat Kota Sukabumi,” ujar Nani. (*)