Bupati-Wabup Shalat Idul Adha di Sukalarang

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan hewan kurban kepada Ketua DKM Al-Idris, Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono menunaikan shalat sunat Idul Adha, Minggu (11/8/2019), di Masjid   Al-Idris, Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Sebelum mengikuti shalat dan khutbah, bupati menyampaikan amanat kepada jamaah masjid serta masyarakat yang hadir pada kegiatan ibadah tersebut.

Pada kesempatan berpidato, Marwan menguraikan makna dan hikmah Idul Adha yang salah satu ciri khasnya ibadah kurban. Perintah berkurban, kata bupati, merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh mereka yang mampu dan sekaligus ujian bagi hamba-hamba Allah untuk mengukur kadar keimanan dan ketakwaannya. 

“Kurban juga merupakan  pembuktian rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada manusia di dunia,” kata bupati.

Dari sisi sosial, lanjut dia, ibadah kurban memiliki makna yang sangat mendalam antara lain dapat mendorong tumbuhnya kepedulian sosial. Ibadah kurban juga memberikan pelajaran tentang berbagi dengan ikhlas dan berkorban untuk kepentingan umum.

“Sikap-sikap tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial serta kehidupan berbangsa dan bernegara yang hendaknya dijadikan prinsip dalam upaya percepatan pembangunan daerah termasuk ikhtiar mewujudkan Sukabumi yang lebih baik,” tuturnya.

Menyikapi berbagai persoalan yang terjadi akhir-akhir ini dalam konteks dinamika sosial maupun adanya bencana alam, bupati mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa berdoa demi keselamatan umat Islam dan semua umat manusia.  Marwan juga mengimbau jamaah Masjid Al-Idris untuk selalu meningkatkan  kesabaran dan keikhlasan serta terus menggalakan infak dan sedekah.

Di tengah jamaah juga tampak hadir Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, H. Abas Resmana, para kepala perangkat daerah, dan Camat Sukalarang. Bupati menyerahkan hewan kurban untuk dipotong berupa sapi dengan bobot sekitar 700 kilogram kepada Ketua DKM Al-Idris. (*)