Pemberdayaan Koperasi Sejalan dengan Potensi Sukabumi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menyerahkan penghargaan kepada salah satu pelaku koperasi berprestasi pada peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2019.

Wartawan Aep Saepudin

Pengembangan dan pemberdayaan koperasi secara nasional sejalan dengan arah pembangunan ekonomi di Kabupaten Sukabumi yang mengutamakan potensi lokal. Pembangunan koperasi di Kabupaten Sukabumi diarahkan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat berbasis ekonomi lokal melalui bidang agrobisnis, pariwisata, dan industri berwawasan lingkungan.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapang Walagri PTPN VIII, Kecamatan Parakansalak, Selasa (6/8/2019).

Sesuai tema kegiatan yakni ‘Transformasi Koperasi Menuju Kemandirian untuk Kabupaten Sukabumi Lebih Baik’, koperasi di Kabupaten Sukabumi dapat menjadi andalan dalam pembangunan ekonomi masyarakat.  

“Gerakan koperasi yang inovatif dapat memulai transformasi untuk menata kelembagaan dan strategi bisnisnya sesuai dengan era revolusi industri 4.0,” ujar Marwan.

Koperasi, lanjut dia, harus dikelola  secara profesional, memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal, dan mengoptimalkan pelayanan secara cepat terhadap anggota sebagai pemilik dan pengguna. Selain itu, pengelola harus menjalankan koperasi sesuai dengan nilai dan prinsip-prinsip koperasi.

Bupati juga menegaskan, melalui strategi bisnisnya, koperasi harus beradaptasi untuk memanfaatkan media informasi. Salah satu caranya bagi koperasi yang bergerak di sektor industri adalah mengemas maupun mengolah produk lokal seperti hasil kerajinan melalui proses komputerisasi dan teknologi terbarukan.

“Tema pada peringatan Hari Koperasi tahun ini relevan dengan era revolusi industri 4.0 yang mengedepankan perkembangan teknologi informasi. Kami harapkan  gerakan koperasi mampu beradaptasi dengan kondisi dan tantangan baru serta mampu mengembangkan karakter inovatif dan kreatif,” tuturnya.

Di tempat peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kabupaten Sukabumi,  Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof. Dr. Rully Indrawan, M.Si.  mengatakan, koperasi ke depan bisa menjadi pilar ekonomi masyarakat. Karena itu pemerintah pusat selalu memberikan apresiasi kepada setiap kegiatan koperasi yang berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.  

Pada kegiatan itu, bupati beserta tiga kepala desa menandatangani pakta integritas dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis agribisnis, pariwisata, dan industri berwawasan lingkungan guna mewujudkan Sukabumi lebih baik.

Para kepala desa yang ikut meneken pakta integritas itu berasal dari Desa Nagrak Utara Kecamatan Nagrak, Desa Sukajadi Kecamatan Cimanggu, dan Desa Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung.  

Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Oping sebagai tokoh koperasi di Kabupaten Sukabumi tahun 2019, Koperasi Karisma sebagai koperasi berprestasi, dan Koperasi Wibawa Kalapanunggal sebagai koperasi Korpri dengan SHU terbesar. Selain itu Marwan memberikan bantuan 10 kursi roda serta sertifikat dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi ASN dan non­-ASN. (*)