Sebanyak 32 Remaja Kabupaten Sukabumi Bergabung dengan Paskibraka

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri secara simbolis mengalungkan tanda kepesertaan Diklat Paskibraka kepada para remaja uang akan memikul tugas mengibarkan duplikat bendera pusaka pada HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Sebanyak 32 remaja dari berbagai SMA, SMK, dan MA berhasil lolos seleksi dan siap bergabung dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Sukabumi. Mereka akan menjalankan tugas negara untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Sukabumi.

Sebelum menjalankan tugasnya, para remaja itu mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan (diklat) Paskibraka. Diklat tersebut diresmikan oleh  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri di Komplek GOR Palabuhanratu, Kamis (1/8/2019).

Pada peresmian Diklat Paskibraka tahun 2019, sekda menyampaikan, hakikatnya pendidikan yang akan diikuti para remaja itu  merupakan pembinaan untuk melatih jiwa, raga, mental, dan intelektual mereka. Tujuannya untuk membentuk remaja yang memiliki mental yang kuat, identitas diri, keberanian, dedikasi yang tinggi, patriotisme, disiplin, dan kecerdasan yang tinggi. 

“Melalui diklat ini, adik-adik akan digembleng untuk menjadi anggota Paskibraka yang tangguh, cerdas, dan tanggap,” ujar Iyos.

Sekda pun mengharapkan para peserta diklat Paskibraka dapat mempersiapkan diri untuk menjadi kader dan penerus kepemimpinan bangsa dan negara. Iyos yakin dari para calon anggota Paskibraka akan lahir kader-kader penerus pembangunan khususnya di Kabupaten Sukabumi dan pembangunan nasional pada umumnya. 

“Mengibarkan bendera pusaka merupakan tugas besar dan kehormatan bagi mereka yang menjalankannya. Semoga kalian dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk mensukseskan pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2019,” tutur Iyos.

Di lokasi peresmian diklat tampak hadir Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi. Sementara itu, Agus Sofyan selaku Ketua Penyelenggara Diklat Paskibraka menjelaskan, kegiatan yang digelarnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta keterampilan dalam pengibaran bendera pusaka. 

Dari 32 remaja yang lolos seleksi, sebanyak 31 orang mengikuti diklat tingkat Kabupaten Sukabumi dan satu orang menjadi wakil Kabupaten Sukabumi ke Diklat Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat. Remaja yang berangkat ke Bandung  adalah Alya Vitri Dona dari SMAN 1 Parakansalak. 

“Melalui diklat ini, kami akan  membentuk para pengibar bendera pusaka yang terlatih dana siap bertugas pada JUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 tingkat Kabupaten Sukabumi,” kata Agus. (*)