KNPI Harus Meletakkan Dasar-dasar Sistem Keormasan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menerima cendera mata dari Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat, Rio Febrian Wilantara pada acara pembukaan Rakor KNPI Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) harus bisa meletakkan kembali dasar-dasar keormasan pada kehidupan berorganisasi dan dinamika para pemuda. Dengan demikian, KNPI dapat menegaskan jati diri ormas sebagai organisasi yang lebih baik dan turut mengembangkan nilai-nilai demokrasi.

Demikian hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat meresmikan rapat koordinasi (rakor) DPD KNPI kota/kabupaten se-Jawa Barat yang digelar di Ballroom Hotel Selabintana Resort, Jalan Selabintan, Desa Sudajaya Girang,  Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Senin (15/7/2019) malam.  

“Salah satu fungsi ormas adalah sebagai sarana penumbuhan demokrasi dan sarana berserikat. Selain itu, ormas juga bisa mengambil peran dalam pendidikan politik dan membangun saluran untuk aspirasi masyarakat,” kata bupati.

Pada Rakorda DPD KNPI se-Jawa Barat itu juga digelar pameran yang menampilkan berbagai produk  hasil karya palaku UMKM, terutama dari kalangan pemuda. Pameran UMKM itu dikemas dalam acara pekan industri kreatif muda  yang mengambil tema menggali potensi ekonomi pemuda daerah se-Jawa Barat.

Setelah acara pembukaan rakorda dan peresmian pekan industri kreatif muda, bupati meninjau stand-stand yang ada di area rakorda. Pekan industri tersebut menyajikan berbagai produk seperti pakaian, makanan, dan kerajinan tangan.

Para peserta rakorda berasal dari kalangan pengurus KNPI di tiap-tiap kota/kabupaten yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara. Di tempat kegiatan tampak hadir Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat, Rio Febrian Wilantara dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi, Reggy Afriansyah.

Di antara pejabat daerah yang tampak di tempat kegiatan antara lain Kadis Budpora Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian;  Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Dodi Rukmana Medianto; Asda I Pemkot Sukabumi, Andri Setiawan; Kabid Koperasi Disdagkop UKM Kabupaten Sukabumi, Nandang Sukendar; dan Muspika Sukabumi.

Dalam penjelasannya, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi mengatakan, rakor berlangsung selama dua hari sampai dengan Selasa (16/7/2019). Seusai rakor, Reggy mengajak para peserta untuk berkunjung ke salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sukabumi yakni jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang terletak Situ Gunung.

“Kunjungan ini penting untuk mempromosikan objek wisata di Kabupaten Sukabumi. Tujuan rakor antara lain mencari formulasi dalam upaya meningkatkan peran pemuda di masyarakat maupun pemerintahan,” kata Reggy. (*)