Caringin Wetan Mencetak Usahawan Baru di Bidang Perbengkelan

oleh -

Wartawan Usep Mulyana

Pemdes Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi memiliki kesempatan untuk mencetak wirausahawan baru di bidang perbengkelan. Peluang ini dapat diraih Desa Caringin Wetan setelah dipercaya oleh Kemenakertrans RI melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi untuk menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan wirausahawan baru.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Caringin Wetan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan Disnakertrans ini. Mudah-mudahan dari desa kami lahir pelaku usaha perbengkelan yang tangguh dan maju,” kata Kepala Desa Caringin Wetan, Ijaj Budiana setelah peresmian pelatihan, Senin (15/7/2019).

Pelatihan wirausahawan baru berlangsung selama  3 hari hingga Rabu (17/7/2019) mendatang. Jumlah pesertanya 30 orang, sebagian di antaranya telah cukup lama menekuni usaha perbengkelan. Harapan Ijaj, para pelaku usaha perbengkelan yang lama dapat meningkatkan kompetensi tentang ilmu permesinan, baik dalam bentuk software maupun hardware melalui pelatihan tersebut.

Sementara itu Kepala Seksi Perluasan Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Dadang Tapiana menjelaskan, substansi kegiatan memuat sedikitnya 3 poin penting yakni menciptakan usahawan baru, mendororong pemberdayaan masyarakat, serta menciptakan dan memperluas lapangan kerja.

“Kegiatan ini baru tahap permulaan. Selanjutnya kami akan memberikan materi-materi pelatihan yang berkaitan langsung dengan kegiatan usaha yang telah dirintis sebelumnya. Ke depan, mereka dituntut untuk membuka cabang usaha di tempat lainnya,” kata Dadang.

Dengan kata lain, ujar dia, peserta yang mengikuti kursus singkat ini mampu menjadi embrio  bagi warga lainnya dalam mengembangkan bakat dan keterampilannya untuk masuk bursa kerja yang sesungguhnya.

“Caringin Wetan merupakan desa ke-10 dari 22 desa di Kabupaten Sukabumi yang mendapatkan program pelatihan perbengkelan. Bisa dibayangkan, jika program ini bisa berjalan dengan baik, maka akan banyak warga yang terserap ke dalam dunia kerja dengan keahlian di bidang bengkel,” tuturnya.

Salah seorang peserta, Riana Apendi, warga Kampung Cilengis RT 04 RW 01, Desa Caringin Wetan menuturkan, kegiatan yang diikutinya itu dapat menambah pengetahuan dan keterampilan sebagai montir. Dia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Pemkab Sukabumi tersebut.

“Ini kesempatan langka. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini guna memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup keluarga saya ke depan,” ujarnya. (*)