DT Peduli Terus Kembangkan Program untuk Kemaslahatan Umat

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kiprah dan keberadaan Daarut Tauhid (DT) Peduli untuk kepentingan umat tidak perlu diragukan. Menjelang tibanya Idul Adha 1440 Hijriyah, organisasi keagamaan dan kemanusiaan ini meluncurkan program Qurban Peduli Negeri. Selain itu, DT Peduli  juga bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) membangun masjid di berbagai provinsi.

“Qurban Peduli Negeri bertujuan untuk menerima titipan hewan kurban dan menyalurkan hewan kurban dari umat Islam yang berkurban kepada umat Islam lainnya di Indonesia dan negara-negara yang membutuhkan,” kata Kepala Cabang DT Peduli Sukabumi, Jaka Budi Utama kepada wartawan, Minggu (14/7/2019).

Ketika di satu tempat daging kurban melimpah, ujar dia, di tempat lain, daging kurban sulit didapatkan. Karena itu, program Qurban Peduli Negeri siap membantu penyaluran daging kurban hingga ke pelosok Nusantara bahkan luar negeri seperti  Palestina, Rohingya, Somalia, dan Suriah. 

Penitipan hewan kurban bisa dilakukan di Kantor Cabang  DT Peduli Sukabumi yang beralamat di Jalan RA Kosasih No. 347, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Untuk mempermudah komunikasi, DT Peduli Sukabumi  menyediakan nomor kontak telepon genggam 0857 7164 6464.

Selain menerima titipan hewan kurban, DT Peduli Cabang Sukabumi juga ambil bagian dalam program pemberdayaan peternak kecil. Dalam program ini, DT Peduli membina para peternak kecil yang tinggal di perdesaan. Nantinya hewan tersebut dibeli oleh DT Peduli untuk mememuhi keperluan ibadah kurban.

Program lainnya dari DT peduli adalah pembangunan masjid dan pengadaan ambulans untuk desa terpencil. Pada awal pekan lalu, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) DT Peduli yang bekerja sama dengan BPKH berhasil menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Furqon di Kampung Batulayang di RT 07 RW 06, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Sebelum direvitalisasi oleh Laznas DT Peduli dan BPKH, Masjid Al-Furqon dalam kondisi rusak parah setelah ditimpa bencana pergeseran tanah pada tahun 1990-an. Penyerahan bangunan masjid dilakukan oleh Kepala Divisi Kemaslahatan BPKH,  Agung Sri Hendarsa dan Manager Corporate DT Peduli, Denny Rizki Setiawan.

Saat menyerahkan hasil pembangunan, Agung mengatakan, bantuan revitalisasi Masjid Al-Furqon merupakan salah satu bentuk kepedulian Laznas DT Peduli dan BPKH. Diharapkannya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga sekitar yang membutuhkan.

Selama ini, ujar dia, kerja sama antara DT Peduli dan BPKH telah melaksanakan berbagai program di 34 provinsi untuk kemaslahatan umat. Tiap-tiap provinsi memperoleh alokasi program berdasarkan kuota jamaah haji. Masjid Al-Furqon merupakan sarana ibadah ke-22 yang dibangun oleh DT Peduli dan BPKH.

“Selain membangun masjid, kami juga menyediakan mobil ambulans untuk daerah terpencil. Kalau ada kampung terpencil yang membutuhkan masjid dan mobil ambulans, silakan usulkan pengadaannya kepada kami,” kata Agung. (*)