Wakil Wali Kota Terima Satyalancana Wira Karya dari Presiden

oleh -
Menko Bidang Perkonomian, Darmin Nasution menyalami Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami yang berhasil meraih penghargaan dari Presiden RI pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional 2019.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami menerima penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia atas kiprah dan peran sertanya dalam upaya mengembangkan koperasi di Sukabumi.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution pada puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (12/7/2019) malam.

Di antara para penerima penghargaan, Andri termasuk satu dari 16 tokoh Jawa Barat yang berhasil meraih penghargaan Satyalancana serta Bakti Koperasi dan UKM dalam momen Harkopnas 2019.

“Penghargaan ini akan terus memacu semangat saya untuk mengembangkan koperasi dan UKM di Sukabumi, baik kota maupun kabupaten” kata wakil wali kota setelah mengikuti acara penyerahan penghargaan dari Menko Bidang Perekonomian.

Menurut Andri, penghargaan yang diterimanya itu diberikan pemerintah atas kinerjanya dalam mengembangkan koperasi di Kota/Kabupaten Sukabumi. Misalnya dorongan lahirnya BUMDes Mart di tiap desa di Kabupaten Sukabumi dan Sukabumi Mart (S-Mart) di tiap kelurahan di Kota Sukabumi.

Di dalam BUMDes Mart, komposisi  kepemilikan modalnya 30 persen BUMDes atau pihak ketiga dan 70 persen milik masyarakat dan warung yang bergabung di dalam wadah koperasi. Dengan komposisi modal seperti itu, koperasi yang ada di desa bisa terus berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Selain itu, sebelum menjadi wakil wali kota, Andri dikenal sebagai figur pengusaha  yang selalu berupaya untuk menciptakan iklim bisnis bagi koperasi agar menjadi lembaga usaha yang dapat lebih berkembang. Dia berdiri paling depan dalam gerakan untuk mewujudkan peran koperasi sebagai tulang punggung perekenomian daerah.

Andri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk para pengurus koperasi yang ikut andil dalam mengembangkan dan membangkitkan koperasi di Sukabumi. Dia mempunyai target besar yaitu koperasi harus bisa terus maju dan menjadi motor penggerak ekonomi rakyat.

“Pada era sekarang ini koperasi harus inovatif agar memiliki  daya saing tinggi dan dapat meningkatkan kapasitas usahanya,” tutur Andri. (*)