BPD Caringin Kulon Periode 2019-2024 Dilantik Camat Syaripudin

oleh -
Camat Caringin, Syaripudin Rahmat (keenam dari kanan) bersama Anggota BPD Caringin Kulon yang baru. Tampak pula Kepala Desa Caringin Kulon, Alamsyah (paling kiri); perwakilan Polsek Caringin, Iptu Enjang Haris dan Perwakilan Danpos TNI Caringin Serda Anda Jaelani serta Anggota BPD Periode 2014-2019.

Wartawan Usep Mulyana

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Caringin Kulon, Kecamatan Caringin,  Kabupaten Sukabumi Periode 2019-2024 resmi dilantik. Pengambilan sumpah dan pelantikan BPD tersebut dilakukan oleh Camat Caringin, Syaripudin Rahmat berdasarkan Keputusan Bupati Sukabumi Nomor 141.2/ Kep 612 – DPMD/2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggotan BPD Caringin Kulon di Aula Kecamatan Caringin, Rabu (10/7/2019).

Dalam sambutannya, Syaripudin mengatakan, BPD memiliki tiga fungsi utama yang saling berkorelasi satu sama lain. “Bersama kepala desa menyusun peraturan desa, melakukan pengawasan jalannya pemerintahan, dan menyusun serta menetapkan APBDes,” ujar Camat Caringin.

Syaripudin juga mengingatkan anggota BPD yang baru untuk selalu bekerja keras dan bekerja ikhlas. “Laksanakan prinsip Sajuta yaitu sabar, jujur, dan ikhlas. Meskipun penghasilan tidak seberapa, semangat bekerja untuk melayani rakyat tidak boleh kendur,” ujarnya.

Pada bagian lain camat mengungkapkan, pelaksanakan pilkades serempak se-Kabupaten Sukabumi sudah di depan mata. Sebagai panitia penyelenggara di tingkat desa, ujarnya, BPD harus bergerak cepat dan proaktif dalam mempersiapkan pelaksanaan hajat demokrasi di tingkat desa tersebut.

“Pilkades itu bukan sekedar keterpilihan kepala desa periode berikutnya. Tetapi kepala desa hasil pemilihan berasal dari sebuah proses yang demokratis dan kurdil,” tegasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua BPD Caringin Kulon, H. Suhaepi menyatakan siap mengemban tugas barunya. Lembaga BPD, kata dia, menganut pola kerja kolektif kolegial.

“Tidak bisa tidak, kami harus bekerja bersama-sama dan bekerja lebih keras lagi untuk membawa Caringin Kulon ke arah yang lebih baik,” katanya. (*)