Polres Sukabumi Kota Sukses Turunkan Angka Kriminal

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro bersama Danrem 061 Suryakencana, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya dan para pejabat daerah bergantian membacakan puisi untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-73 di Lapang Merdeka.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Jajaran Polres Sukabumi Kota berhasil menurunkan angka kriminal hingga 30 persen sepanjang tahun lalu sampai awal tahun ini. Dalam penanganan kasus-kasus kriminal tersebut, jumlah tersangka yang telah diproses secara hukum mencapai sekitar 500 orang. Jenis kejahatan yang ditangani beragam, termasuk kasus-kasus yang menggunakan teknologi informatika  yang  berpotensi mengganggu keutuhan bangsa.

Demikian disampaikan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro pada upacara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Rabu (10/7/2019). Untuk mengungkap kasus-kasus berbasis tekonologi digital, ujar AKBP Susatyo, jajarannya melakukan patroli siber yang memantau dinamika dan pergerakan informasi di media sosial.

Polres Sukabumi Kota juga mencapai hasil yang gemilang dalam pengamanan peristiwa-peristiwa politik berskala besar yaitu Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Keberhasilan yang diraih, ujarnya, dapat terwujud berkat sinergitas dan kerja sama dengan masyarakat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan Pemkot Sukabumi yang  telah membantu pelaksanaan tugas-tugas Polri dalam menjaga Kamtibmas,” kata Kapolres.

Keberhasilan lain yang diraih Polres Sukabumi adalah dalam bidang pelayanan publik memperoleh predikat wilayah bebas korupsi (WBK) tahun 2018. Pada tahun ini, Polres Sukabumi Kota maju lagi dalam penilaian untuk meraih  wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).  

Di tempat upacara tampak hadir Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi; Danrem 061 Suryakencana, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya;  Dandim 0607, Letkol Kav Mujahidin; dan unsur Forkopimda Kota Sukabumi.

Polres Sukabumi Kota juga membukukan prestasi yang tidak dapat dianggap enteng yaitu juara I  lomba inovasi bidang manajemen SDM dan juara III lomba Poskamling. Untuk lomba Poskamling, Polres Sukabumi Kota mendapat dukungan penuh dari  jajaran Kodim 0607 Kota Sukabumi.

Pada rangkaian Hari Bhayangkara ke-73 itu, para Kapolsek dari 15 wilayah menuju Lapang Merdeka dengan menaiki delman dari Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.  Di tempat upacara dua anggota Polres Sukabumi Kota menunjukkan ketangkasan mengemudikan kendaraan bermotor, terjun payung, pembacaan puisi, dan atraksi lainnya.

Rangkaian Hari Bhayangkara ke-73 tingkat Polres Sukabumi Kota diisi dengan berbagai kegiatan sosial, keagamaan, ekonomi, dan hiburan yang melibatkan masyarakat luas. Salah satu kegiatan yang monumental dan akan dijadikan agenda tahunan adalah Festival Sukabumi Aya Aya Wae yang berisi acara atraksi seni dan perdagangan. (*)